Posted by: Tohar | March 14, 2009

Alif


Saya sering denger soal ilmu alif dan salah satu pakar ilmu alif adalah Raden Mas Sosrokartono, kakak dari Ibu Kita Kartini. Saya sendiri penasaran, ilmu alif itu yang seperti apa? Dalam satu perbincangan yang saya sempat dengar inti dari alif adalah “alif” ini diturunkan Allah sebelum Allah membuat bumi dan langit. Alif ini sudah diturunkan ke setiap manusia, jadi singkat cerita alif ini sudah dipegang oleh semua makhluk.

Semalam saya mencoba mencari-cari alif itu ada dimana, bentuknya seperti apa. Dalam pemikiran saya, lafadz alif itu berupa huruf ALIF dalam tubuh. Apakah memang seperti ini atau yang seperti apa. Dalam patrap tersebut, saya mencoba lebih tenang, berusaha lebih “ON” terus, mencoba konek dengan Allah terus. Desiran demi desiran saya rasakan, saya mencoba menangkap “sasmita” tersebut meskipun tidak begitu jelas.. tetapi saya berusaha untuk memahami bahwa alif adalah wujud dari keyakinan kepada Allah, mutlak, lurus, tegak berdiri dan tidak roboh. Alif adalah tauhid sekaligus perilaku kehidupan sehari-hari. Alif tidak ubahnya tongkat pegangan untuk bisa berdiri tegak dalam keadaan apapun dan dimanapun serta kapanpun.

Alif memancarkan sinar cemerlang dan sinar ini adalah wujud dari Nur Allah yang diberikan kepada setiap mahkluknya yang mau menegakkan agama Allah. Alif berwujud kesederhanaan tidak ada polesan, seperti kesederhaanan dari para nabi dan rosuk Allah dalam kehidupan sehari-harinya. Alif juga berbau harum seperti harum buah durian, semerbak meskipun kulitnya kasar dan tidak menyenangkan, tetapi tidak berpengaruh kepada isinya. Isi merupakan perlambang hati dan harum adalah perlambang semua ucapan dan perbuatan yang mengenakkan hati bagi siapa saja yang mendengar dan melihatnya.

Alif berada di tengah-tengah tubuh mulai dari ubun-ubun turun lurus ke bawah sampai kemaluan. Disitulah Alif bersemayam yang dimulai dari pemikiran penciuman, pembicaraan, hati, tali pusat dan titik kemaluan. Jika titik-titik tengah itu bisa menegakkan kebenaran maka selamatlah kita nanti. Alif adalah lurus dan lurus adalah shiddiq.. dan shidiq adalah sifat rosullulloh.

Saya belum bisa menemukan wujud huruf “Alif” yang sesungguhnya tetapi, makna alif itu lah yang sama dapatkan…. . Ya, Alif adalah tauhid kepada Allah dengan tidak ada kecualinya. Karena Alif sendiri adalah Nur Allah, maka penglihatan, pendengaran, perbuatan, penciuman tidak ubahnya kepanjangan dari Allah. Alif adalah iman dan iman adalah hidayah. Sekali lagi ini hanyalah bagian dari perjalanan, bisa saja salah karena kebodohan saya. Bagi yang mengetahui ilmu alif itu seperti apa, saya dengan senang hati untuk menerima pencerahannya.

Ditulis dari Bagian Perjalanan Jiwa
14 Februari 2009 – 11:55 WIB


Responses

  1. monggo tindak Lombok Tengah…ada sebuah pesantren yang khusus mempelajari Hakikat Alif…semoga kita dipertemukan lain waktu..amin.

  2. terima kasih mas agung. jadi tertarik tapi kok jauh di Lombok ya, berarti di NTB? meskipun jauh, kalau berjodoh pasti ketemu. kalau mas agung tidak berkeberatan.. mohon pencerahannya.

  3. Adalah huruf super aktif yang maha sakti; asma allahul gaib; shalat; iman; ‘insyaalah kalu mas sungguh2 mau mencari, hidayah pasti datang namun untuk mengetahuinya harus melalui mursyid, di lombok tengah tepatnya di praya’

  4. terima kasih mas chandra. kalau tidak berkeberatan, mohon nama pesantrennya apa. kalau dijalankan Allah, pasti bisa bertemu mas. salam.

  5. Nama pesantren nya “perguruan tharekat haq naqsabandi ” atau singgah di ismulhaq.com. Trimakasih

  6. dalam hidup, alif merupakan tiang penghubung antara alam shagir dgn alam kabir. dalam alif terdapat rahasia besar yang ketika manusia dapat memasukinya ia akan mengetahui siapa dirinya, dan pada akhirnya dia akan mengetahui siapa tuhannya. (“Sabda Nabi : Man ‘Arafa Nafsahu Faqod ‘Arafa Rabbahu”) Artinya :”Barang siapa yg mengenal dirinya niscaya akan mengenal tuhannya”.

  7. terima kasih mas. inilah yang saya cari. semoga saja cepet ketemu atas ijin_Nya. Amin. pangestune mas.

  8. mas ada juga yang ngajar tentang alif [tambahannya bismillah].

    ada di daerah Garut, Suci, Desa Caringin, Perum Cempaka.

    Orangnya biasa di panggil “Akang”

  9. Ngapunten..nderek tanglet,nopo wonten malaikat ngaku,”AKU MALAIKAT”nopo wonten?mugi njenengan angsal pitulungane allahu ta’ala..trmsuk saya sndiri..ngapunten ingkang ktah,sami2 belajar mas nggeh!:-)

  10. malaikat tidak perlu mengaku dirinya malaikat.manusia pun tidak perlu mengaku dirinya manusia. dengan menunjukkan perilaku yang baik maka itu sudah bisa berbicara sendiri. matur nuwun susah mampir,

  11. salam, saudara/i
    ini ada sedikit berkenaan ‘alif’ , dikhabarkan disampaikan di pekan nanas, johor oleh seorang musafir dari jawa tengah awal penghujung 1970an…

    alif ghaib ibarat isyarat Zat Mutlak
    alif baris atas … aa
    alif baris bawah … ii
    alif baris depan … uu
    alif yang sudah berbaris ini
    isyarat ‘tajalli’ dari Zat Mutlak

    cabarannya bagaimana ke tiga ‘bunyi’
    aa , ii , uu
    ini dijadikan satu…
    untuk menyatakan ESA…
    sebagai ‘gema’ ASMAK TUNGGAL…
    kunci ‘wasilah’ yang AGUNG…

    selagimana aa, ii, uu ini masih ber’bunyi’ yang berbeza, berbilang-bilang…
    tidak lagi tercapai pengenalan ASMAK TUNGGAL tersebut…

    harus Raden Mas yang disebutkan bisa menunjukkan maqamnya…
    dan cara menggunakan
    ‘kunci’ agung ini
    dalam kehidupan seharian
    dalam meraih keredhaanNYA…

    wassalam

  12. nama si musafir itu ki Musa
    dikatakan bermusafir dari sumbawa ke jawa ke johor dan kembali semula ke jawa setelah menyampaikan keilmuan ini di pekan nanas, johor
    wassalam

  13. dikhabarkan ki musa ini menerima keilmuan ‘alif’ di lombok juge

  14. saya tidak tahu mas.

  15. Ass wr wb,
    di Surabaya juga ada cabang dari Thariqat Haq Naqsyabandi, pusatnya di NTB, desa kerembeng puyung loteng.
    InsyaAllah mencoba menyampaikan dikit mas.
    Ilmu Alif itu di tunjukkan bukan di ajarkan.
    Jadi harus ditunjukkan oleh mursyid dan mendapat bimbingan agar dapat mencapai apa yg diharapkan (Insyaallah).
    “Barang siapa tidak memiliki 1 huruf dalam dirinya, ibarat rumah roboh”(hadist)
    Kalo memang hidayah datang, Insyaallah akan bertemu, namun semua harus didukung dgn keinginan dan kemauan untuk melangkah, menuntut Ilmu Allah. Insyaallah, amien….
    semoga kita semua dlm lindunganNYA.

  16. Kalau ingin mengejar suatu kebenaran haruslah bersungguh-sungguh. Ibarat orang dalam keadaan sakit yang sedang mencari obat, kalau diberitahu oleh seseorang tentang tempat mencari obat, haruslah segera mencarinya, sehingga dia akan mengetahui apakah benar apa yang diberitahukan oleh orang tersebut.
    Lebih baik melangkah dari pada berdiam diri, sebab dengan melangkah kita akan mengetahui apakah langkah kita ini benar atau salah. Tapi kalau kita berdiam diri, kita tidak melakukan perubahan dan akan tetap sakit dan bingung sampai ajal menjemput kita, sebagai bahan renungan.

  17. barang siapa yg dapat menunjukkan satu huruf dalam dadamu maka serahkanlah jiwa dan ragamu (hr.abu hurairah)

  18. salam knal mas

  19. Iya Mas. Terima kasih.

  20. yang penting ilmunya…jauh deket gak da masalah..kalau mau mas coba ke Lombok Tengah, desa Puyung kerembeng di sana ada Thjariqat Haq Naksabandiyah..mas bisa bertanya disana

  21. tak perlu bingung mencari makna alief, kaji diri raksa jiwa, tafaqur dlm segala hal, berdiri dlm aturan qur’an, berakhlak berkaca pd hadits. Dalamilah syariat hakikat tharekat dan ma’rifat, karna hanya ahli tasawwuf yg bisa memahami makna dari alief,

  22. Setuju Mas Indra.

  23. kalau memang di tunjukan, mohon tunjukan lah Alif itu, sy rasa kita harus tau dulu dimana itu Alif pada diri kita, dan bagaimana mau menemukan nya, dgn apa mengetahui nya, dan alangkah baik nya apa bila anda2 yg sudah tau Alif itu, memberitahu pada kami yg belm tahu, jadi kami bisa langsung menuju ke sasaran yg tepat dan tidak sesat, makasih

  24. Alif ada di perilaku hidup sehari-hari. Selalu melakukan perbuatan yang baik dan benar itu adalah alif. Shidiq adalah wujud dari Alif itu sendiri.

  25. Tauhid di benarkan dulu, sampai maqom tinggal kam, kaefa, mata, aena. klau udah paham dhohir dan batin jangan kan ALIF lambang kuasa ALLAH tuk manusia, ilmu ba’ titik sampai ghoin mudah tuk mahami dan jalani.

  26. Betul Mas..emang kuncinya di Tauhid itu sendiri. Soal Tauhid adalah urusan saya dengan Gusti ALLAH, demikian juga dengan Mas sendiri.

  27. kok nyari alif dalam diri or alif bengkong, alif didepan lafad bismillah… apa udah ketemu.

  28. nopo saget alif niku murup rino kelawan wengi?
    saumpami saget, sing ndadosaken saget niku nopo?

  29. Setiap orang menempuh perjalanan spiritual sendiri-sendiri Mas dan juga mendapatkan pengalaman yang berbeda-beda. Alif ada dimana-mana……Alif hanyalah sebuah simbol…..soal maknanya setiap orang bisa memiliki pemahaman sendiri-sendiri. Demikian .

  30. Matahari saja tidak pernah berhenti bersinar…demikian juga dengan ALIF…alif adalah perlambang dari AHAD…mekaten Mas Dany….

  31. Salam ta’lim, aq bru baca artikel diatas memberi sebuah pengetahuan bagiku, Subhananllah aq sring melihat cahaya, ktika aq masih smp, trus hingga sekarang ini dari warna hijau,…pertamanya,..trus kuning ,..merah hitam bening seperti air yang tembus pandang trus sekarang meperti garis tegak lurus brsinar redup seperti caha bulan,..aq tidah punya ritual apa2 aq merasa banyak salah dalam hidup ini,..tidak ada pernah betulnya. cuman ada suatu pertanya jika caha ini semua brapa dari api,..cahaya yang aq liat itu berasal dari apa,..mohon ksih penjelasan ke aq trimakasih

  32. jangan lihat cahayanya…tapi tembuslah yang dibalik cahaya itu…tks.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: