Posted by: Tohar | May 14, 2009

Kok aku belum punya keturunan?


Sudah menikah selama bertahun-tahun tetapi masih belum diberi keturunan oleh Allah? Sudah cek ke dokter dan hasilnya adalah positif artinya sperma dan sel telur normal alias subur? Tidak ada solusi kecuali kita kembali kepada Allah. Caranya adalah instropeksi diri, barangkali ada yang kurang dengan diri ini.

Dipandang dari sudut psikoterapi, maka introspeksi awal adalah mencoba menilai diri ini seperti apa, apakah masih sering emosian, terutama kepada pasangan hidup, kalau suami ya kepada istri dan kalau istri ya kepada suaminya. Kalau karakter sang istri ini lebih dominan, artinya emosinya sangat tinggi, maka sperma yang masuk ke rahim akan mati sebelum membuahi sel telur karena kondisi rahim menjadi panas. Demikian juga sebaliknya jika kondisi emosi suami yang dominan, maka sperma ini juga akan mati sebelum membuahi sel telur.

Karakter yang lain adalah kurang harmonisnya hubungan suami dan istri, ada ketertutupan, bahkan sang istri sendiri ketika berhubungan dengan suami bersifat ogah-ogahan, hanya sekedar “kebutuhan” dan bukan cinta kasih yang suci. Maka secara otomatis, sperma yang masuk ke rahim ini juga akan rontok.

Faktor yang lain adalah mungkin ketika akan menikah, muncul pemikiran untuk sengaja menunda kehamilan dulu dan pemikiran ini akhirnya dikabulkan oleh Allah dengan tidak memberikan keturunan itu sendiri.

Dari beberapa analisa di atas, tidak ada salahnya kalau kita bersegera minta ampun kepada Allah atas sifat-sifat dan perilaku yang kurang baik ini. Jadilah lebih terbuka kepada pasangan hidupnya, hilangkan emosi, ganti dengan kesabaran. Tanamkan rasa cinta suci karena Allah karena menikah adalah bagian dari sunatullah bukan sekedar menyalurkan nafsu sex. Tanamkan rasa cinta kepada anak-anak karena anak itu suci dan Allah suka kesucian. Barangkali dengan menanamkan rasa cinta kepada anak-anak ini Allah akan memudahkan diri ini diberi keturunan. Dan, jangan lupa dirikan sholat 5 waktu, sholat hajat dan tahajud, banyak bersedekah. Insyaallah, jika perilaku-perilaku yang kurang baik seperti di atas bisa dirubah dan berganti menjadi akhlakul karimah, maka Allah akan segera memberikan keturunan.

Ditulis dari Bagian Perjalanan Jiwa
14 Mei 2009 – 14:30 WIB


Responses

  1. Subhanallahu, artikel yang bagus mas tohar.
    sekedar nambahi saja, anak adalah rezeki dari Allah swt untuk kita, sifat rezeki adalah amanah untuk manusia, saat kita belum memiliki keturunan just think positif saja dahulu,mungkin saat ini kita belum siap untuk Allah beikan amanah yang mulia ini, ini bukan anak kita tapi hamba Allah yang lainnya yang Allah titipkan amanah pengasuhannya unutuk kita. Benar sekali pendapat anda mas tohar, instropeksi diri, adakah aklaq yang kurang pada diri kita sehingga Allah belum berkenan pada kita untuk menitipakan amanah ini pada kita? akhirnya kita bertobat dan satu tip lagi adalah shodaqoh yang mesti diperbanyak.

  2. terima kasih atas masukannya mas abu. anak memang amanah. ketika belum diberi anak maka bisa jadi memang kita dipandang Allah belum mampu untuk memegang amanah tersebut. maka ketika dihadapkan pada permasalahan itu, sudah seharunya kalau kita segera kembali ke Allah, barangkali ada yang kurang pas atau ada yang salah pada diri kita ini, soalnya manusia memang tempatnya salah.

  3. tambahan lagi, mas abu. ada salah satu teman, yang memang kebetulah saja salah satu perilakunya adalah ‘selebor” alias cenderung cuek, atau bahkan lebih mementikan diri sendiri. sebenarnya teman2 sudah pada ngingatkan agar sifatnya itu dirubah, tp dicuekin. akhirnya ketika anaknya lahir (setelah sekitar 3 tahun menunggu), anaknya ini berumur sebulan, diambil lagi oleh Allah. dari sini teman saya ini akhirnya mengakui bahwa memang pada awalnya dia cuek dan dengan peristiwa ini dia menjadi sadar dan langsung merubah semua perilaku yg cuek itu jadi lebih care ke keluarga. alhamdulillah dalam waktu tidak lama, sang istri ini hamil lagi dan lahirlah dengan selamat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: