Posted by: Tohar | May 15, 2009

Kenapa bersholawat kepada Rosululloh?


Dalam bahasa sederhana, sholawat adalah bertegur sapa kepada rosululloh. Dalam bahasa yang lain bersholawat adalah “ajar kenal, ajar dekat kepada Rosululloh. Atau bisa juga “mengenalkan diri” bahwa kita ini adalah umat Kanjeng Rosul Muhammad. Dalam bahasa jawa, tidak ubahnya kita ini mengenalkan diri kepada penguasa, misal Bupati. Selamat pagi Pak, permisi, nama saya si A, saya ini warga Bapak. Otomatis karena kita sudah mengenalkan diri, sang Bupati akan tersenyum dan menjawab perkenalan ini.

Sholawat yang kita haturkan ini sebenarnya adalah untuk kita sendiri, bukan untuk Rosululloh. Rosululloh sudah sempurna dan dimuliakan oleh Allah. Beliau tidak butuh sholawat dari kita. Diri inilah yang butuh sholawat agar kelak nanti kita mendapatkan safaat dari Beliau. Bersholawat bukanlah sekedar mengucapkan lafal “allohumma sholi ala muhammad”, bukan, tetapi sholawat adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan rasa cinta kita kepada Beliau, cinta dengan apa yang diajarkan Beliau. Pada titik akhir, bersholawat adalah mensuri tauladani semua yang sudah dilakukan oleh Beliau, yaitu ibadah yang meliputi sholat 5 waktu, sholat sunah, tindak tanduk, sifat rendah hati, kedermawaan, sabar, budi pekerti baik yang lembut kepada keluarga, sahabat, dan juga kepada umat termasuk juga umat dari non muslim. Ini adalah sebenarnya inti dari bersholawat.

Dengan meniru dan melakukan apa yang sudah dicontohkan oleh Rosululloh, maka secara otomatis, kita ini akan menjadi umat rosululloh dan Beliau nanti juga akan ikut bersaksi dihadapan Allah kelak di Yaumul Hisab.

Sholawat bukan sekedar menjadi “wirid” sehari-hari tetapi hakekat bersholawat adalah menumbuhkan rasa cinta kepada Rosululloh dan apa yang sudah dilakukan oleh Rosululloh. Kalau sholawat hanya dilafalkan, maaf untuk tujuan tertentu seperti kelancaran rezeki…ini hanyalah untuk duniawi saja dan nantipun kita akan ditagih oleh Rosululloh.

Ditulis dari Bagian Perjalanan Jiwa
15 Mei 2009 – 13:00 WIB


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: