Posted by: Tohar | May 18, 2009

ikhlas itu diam


Ibadah adalah urusan seorang hamba dengan Tuhannya, jadi bukan konsumsi umum.Memang kadang masyarakat umum perlu tahu, untuk kepentingan syiar, boleh saja.Tetapi sebaiknya diam saja, jangan pengin untuk diketahui. Ibaratnya tangan kanan memberi, tangan kiri ndak usah tahu. Ini adalah konsep ikhlas. Ikhlas tak ubahnya adalah ketika buang air besar di WC.. sekali keluar, plong.. plas diguyur air. Apa pernah kita ngingat, ooh warnanya ini, baunya itu dsb. Bahkan seringkali kita pergi ke WC saja diam-diam, jangan sampai orang lain tahu.

Ikhlas adalah “hati” dan ibadah adalah baju seragam. Jadi pake baju seragam ketika sedang dinas. Setelah selesai dinas, pake baju yang biasa. Baju dinas adalah standard, jangan dihiasi dengan bermacam-macam ornamen, salah kaprah. Kalau mau berhias.. berhiaslah dirumah.. didalam kamar.. untuk siapa.. ya untuk bertemu dengan ALLAH. Karena Allah adalah sang kekasih hati, pujaan hati dan dambaan hati juga tautan hati.

Ibadah yang ikhlas bukan untuk pengin diketahui, juga bukan untuk dipuji orang lain. Bahkan ibadah juga tidak perlu mikir diterima ataukah tidak. Itu juga bukan hak kita. Biarkankan saja..jalani saja dan jalani yang terbaik. Dengan begini, insyaallah riya’ akan semakin jauh.

Kata kuncinya adalah ” JUST DO IT” and “DO THE BEST”.

Ditulis dari Bagian Perjalanan Jiwa
18 Mei 2009 – 12.30 WIB


Responses

  1. ngihh bener mas, ibadah itu kuncinya ihlas sebab kalau tidak ihlas maka Allah lebih tidak butuh lagi pada ibadah kita. Siapa Kita dan Siapakah Allah itu, mengerti bahwa kita ini hanya hamba sedang Dia adalah Rabb kita.

  2. pada puncaknya sudah tidak ada hamba, yang ada hanyalah ALLAH dan ALLAH. kata para sesepuh lho mas… salam.

  3. leres pundikane sesepuh mas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: