Posted by: Tohar | May 20, 2009

Kolesterol


Ukuran standard kolesterol adalah :
1. Kolesterol Total nilai normal kurang dari 200 mg/dl
2. Kolesterol LDL nilai normal kurang dari 130 mg/dl
3. Trigliserida nilai normal kurang dari 150 mg/dl
4. Kolesterol HDL lebih atau sama dengan 45 mg/dl

Lebih dari nilai rujukan itu biasanya muncul keluhan seperti pegal-pegal di pinggung, rasa tegang di pundak bahkan kepala terasa pusing. Ada satu cara deteksi terhadap kolesterol yang sederhana yaitu amatilah telapak tangan dan perhatikan ujung jari-jari tangan. Jika warna ujung jari ini lebih gelap maka 80%, anda mengidap kolesterol. Kalau sudah begitu, cepatlah minum obat. Kalau obat medis, yang murah adalah Simvastatin.

Kalau untuk obat tradisional, bisa menggunakan obat sbb:
1. Rebusan daun salam
2. Bawang Putih
3. Teh hijau
4. Kunir putih dicampur dengan temu lawak
5. Dll.

Kolesterol ini timbul karena hati tidak memproses dengan baik sehingga kolesterol akhirnya menumpuk dalam darah. Untuk kondisi yang akut, kolesterol bisa menyebabkan darah tinggi, serangan jantung koroner bahkan stroke.

Ditelaah secara psikoterapi, kolesterol ini timbul karena “sifat yang kaku” terutama dalam urusan keluarga maupun pekerjaan. Karena kaku inilah keluarnya “saklek” dan kalau tidak kesampaian, akhirnya menjadi emosi dan akhirnya kalau dipendam, menjadi stress. Jika ini berlanjut, kolesterol pun bisa muncul.

Solusinya adalah bersikaplah biasa saja, sewajarnya. Tidak perlu stress dalam urusan pekerjaan, tidak usah kaku dalam urusan keluarga. Jalani kehidupan dengan sewajarnya, tidak usah “ngoyo”. Nikmati hidup ini, nikmati semua yang ada dengan baik, jangan berlebihan. Itu adalah sebenarnya yang diinginkan Allah kepada manusia.

Solusi yang utama adalah “laku”, lakukan sholat 5 waktu dengan baik, lakukan sholat tahajud dengan baik, mendekatlah kepada Allah dan minta ampun kepada Allah atas sifat-sifat yang kurang baik. Biasakan konsumsi air hangat untuk minum karena air hangat juga bisa mengikis kolesterol dalam darah. Dan jangan lupa berolah ragalah yang teratur.

Intinya adalah “PMH”, yaitu “POLA PIKIR, POLA MAKAN DAN POLA HIDUP” sebagai kuncinya. Jika pola-pola itu dijabarkan akan kembali pada penjelasan di atas tadi.

Semoga bermanfaat.
Disarikan dari Pengajian Akhlak Mulia Centre dan juga hasil survey dari beberapa pasien Kolesterol.


Responses

  1. tolong bagi cara nak kurangkan kolesterol

  2. Kolesterol berhubungan dengan ketegangan atau stress dalam pekerjaan. Jadi ketika bekerja yang santai, tidak boleh tegang atau stress, kemudian jangan “Kaku” atau “strict”. Sabar dan terbuka dalam menerima pendapat orang lain. Kalau terapi nya.. bangun tengah malam, mandi lalu sholat tahajud 2 rekaat yang khusyuk, jangan terburu-buru karena ketika dalam keadaan tenang, hati bisa memproses kelebihan kolesterol.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: