Posted by: Tohar | May 23, 2009

Patrap Menjernihkah hati


Saya tertarik dengan salah satu artikel berjudul Menjernihkan Emosi – Mencapai Ketenangan Hati yang merupakan sub judul dari The Quantum Relaxation : Sebuah Seni Management Stress Bab 3 yang ditulis oleh Bp. Bhre Tandes. Beliau mengulas soal 7 Latifah pembangkit emosi negatif dan positif dalam diri manusia.

Untuk lebih jelasnya, silahkan buka di PATRAP. Saya tertarik untuk mencoba mempraktekkan ulasan yang beliau sampaikan, khususnya untuk membersihkan anasir-anasir negatif yang berada di 7 titik Latifah itu.

Pertama yang saya lakukan adalah membersihkan Latifatul Qolby yang berada di dua jari dibawah susu kiri dan kemudian beralih ke Latifatul Akhfa yang berada di tengah-tengah dada dan yang terakhir adalah di Latifatul Nafsun Natiga yang berada di tengah antara dua kening.

Telapak tangan kanan saya letakkan pada posisi latifatul. Lalu saya mulai berdzikir baik mulut maupun hati mengucapkan ALLAH… ALLAH… ALLAH. Dalam hitungan detik tubuh ini berguncang dan air matapun meleleh deras saya teruskan… dan ketika telapan tangan ini saya pindah ke Latifatul Akhfa, tubuh ini semakin tidak kuat..terbayang semua keangkuhan, ego dan kesombongan dan akhirnya meluruh…. dalam meluruh inilah sayup-sayud terdengar suara ….tabarokal ladzi….. tabarok.. tabarok…. teruskan di tabarok…….. Dan… diri ini menjadi tenang.. suasana menjadi hening dan terasa sangat luas…

Akhirnya saya sudahi patrap ini dan lalu saya buka al quran surat al furqon dan al mulk. Keduanya ada di ayat 1 yaitu tabaroka lladzi nazalal furqon….(Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam),

dan tabarokal ladzi biyadihil mulk… (Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu).

Dari dua ayat tersebut yang bisa saya petik pertama adalah Allah itu Maha Suci.. jadi diri ini harus senantiasa bersuci, membersihkan diri dari segala kotoran. Berikutnya adalah bacalah al quran dan jalankan (kitab tertulis) dan yang ketiga adalah lihatlan alam raya, belajarlah pada alam yang senantiasa bertasbih kepada Allah..

Sebagai kesimpulan, apa yang ditulis oleh Bapak Bhree Tandes adalah benar adanya.


Responses

  1. iya mas, metodenya tempat penempatan titk-titiknya itu diperoleh dari ilmu dalam tarekat naqsabandiyah, sangat bagus sekali – karena saya juga memakainya diajarkan dahulu waktu masih ngaji disurabaya.

  2. jujur, saya baru tahu bab Latifah itu mas. dan ini adalah ilmu baru bagi saya. yang pernah saya lakukan adalah dzikir untuk memurnikan DNA, dimana titik-titik itu mulai dari tulang ekor sampai otak besar (ubun-ubun). kalau untuk ini rasanya adalah desiran hangat atau dingin yang merambat dari tulang ekor sampai ubun-ubun dan seluruh rambut di kepala ini serasa bergetar seperti ditarik oleh magnit.

  3. coba terus lainnya mas, sampai ujung kaki gemeteran rasanya (sedut-sedut) tapi bukan berkedut (coba diresapin lagi ternyata rasa seperti kedutan itu ternyata uung kaki kitapun bisa berdzikir) coba deh mas

  4. belum sampai ke situ mas. maklum masih baru belajar.. pangestune mawon kang mas

  5. kang tohar, saya ingin sekali mencoba, tp kalau tanpa bimbingan apa bisa ya?

  6. yang membimbing itu ALLAH. datang saja ke ALLAH dan ALLAH dengan serius. ALLAH pasti menyambut.

  7. ciri-ciri kalau patrap itu berhasil atau tidak apa ya kang?

  8. semakin sabar, tidak gampang marah, tidak gampang tersinggung, semakin bersemangat dalam hidup, semakin senang dengan ibadah, semakin cinta ALLAH.

  9. cara membersihkannnya dengan menempelkan tgn kanan smbil berdzikir pak hj? mhn dijelaskan lbh rinci. trmksh…

  10. Telapak tangan ditempelkan. Kalo tidak pun tidak apa2. Tengan menempel itu hanya untuk mengalirkan getaran dari dalam seperti halnya Mbak berjabatan tangan.

  11. Kalau dikeparengaken badhe nyuwun urut2anipun dzikirnya, mas!! Nuwun sakderengipun..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: