Posted by: Tohar | June 6, 2009

Mintalah ijin alias permisi


Ketika sedang duduk di pinggir jalan atau nongkrong di POS Ronda, lalu ada orang yang lewat, lalu jalan perlahan sambil mengucapkan “PERMISI MAS” numpang lewat, maka secara otomatis kita pun akan menjawab.. SILAHKAN MAS. Demikian juga ketika masuk ke rumah orang lain, bagaimana reaksi tuan rumah ketika asal slonong saja, asal masuk, tanpa permisi. Atau ketika, asal panjat pohon mangga milik tetangga lalu ambil mangga nya. Apa reaksi tuan rumah?

Nah, ini adalah analogi hidup ini, kita pada prinsipnya tidak punya apa-apa, semua ini adalah milik ALLAH. Jadi ketika akan berbuat sesuatu harus minta ijin yang PUNYA. Minta ijin alias PERMISI adalah “TATANAN” yang paling tepat. Minta ijin adalah kita menyadari semua ini bukan milik kita. Minta ijin ini tidak lain adalah ucapkanlah BISMILLAH ketika akan melakukan sesuatu karena sesungguhnya kita tidak memiliku kekuatan apapun. Mengucapkan BISMILLAH secara otomatis kita minta bantuan ALLAH agar kita diberi kekuatan untuk berbuat sesuatu. Dan.. pada saat bersamaan, minta ijin ini juga sebagai wujud PENGAGUNGAN akan keberadaan ALLAH. Jadi biasakanlah baca BISMILLAH ketika akan berbuat apapun. Dan setelah selesai sampaikanlah rasa terima kasih dengan ALHAMDULILLAH. Ini adalah wujud dari SYUKUR karena kita sudah diberi ijin-Nya.

Tidak pernah baca BISMILLAH ketika mengawali sesuatu perbuatan serta tidak mengucapkan ALHAMDULILLAH setelah selesai melakukan sesuatu BERARTI kita ini adalah orang yang SOMBONG dan sekaligus termasuk golongan “PENCURI”. karena semua yang ada ini adalah MILIK ALLAH.


Responses

  1. setuju


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: