Posted by: Tohar | June 22, 2009

Definisi Sholat Khusyuk


Khusyuk bisa diartikan sebagai fokus, bisa juga konsentrasi kepada satu tujuan. Bedanya adalah kalau khusyuk lebih ditujukan kepada ibadah, sedangkan fokus atau konsentrasi lebih pas untuk hal selain ibadah, misal kerja, mengemudi kendaraan, belajar dll.

Lalu bagaimana dengan sholat khusyuk itu? Sholat khusyuk yaitu sholat yang dilakukan dengan penuh kesungguhan dan tertuju hanya kepada ALLAH. Sinergi antara gerakan, ucapan dan penghayatan atau perhatian (rasa) menjadi satu kesatuan yang utuh. Kalau mau dibuat lebih sederhana adalah pokoknya perhatian hanya kepada ALLAH. Setiap kali terlintas hal yang bukan ke ALLAH, segera kembalikan ke ALLAH. Demikian dan seterusnya. Kuncinya adalah selama sholat, lebih banyak ingat ke ALLAH ataukah ingat ke selain ALLAH. Kalau lebih banyak ingat ke ALLAH, artinya itu adalah khusyuk. Diterima atau tidak… itu bukan urusan kita, itu adalah hak ALLAH. Karena kalau ditanya bagaimana dengan sholat saya sendiri??? Sama.. sayapun belum bisa….pikiran ini masih suka berjalan-jalan ke mall bahkan teringat cewek cakep dll.


Responses

  1. khusyuk adalah menghadirkan Allah didalam qolbu. dengan hadirnya Allah didalam qolbu segala tindak tanduk kita hanya tertuju kepada Nya

  2. terima kasih mas atas tambahan infonya.

  3. kang Tohar, salam kenal saya asrori, saya juga baru belajar mas… saya mau tanya makna ttg sholat. begini setiap kita sholat diantara rakaat kedua atau terakhir ada atahiyatul… sambil menunjukan jari telunjuk. mohon diterangkan ttg makna menunjukan jari telunjuk? maturnuwun mas sebelumnya.

  4. mengacungkan jari telunjuk adalah bukti akan keesaan ALLAH, ALIF, kesaksian bahwa ALLAH hanya satu, yang ada adalah ALLAH. dalam riwayat , jari telunjuk rosulullah sampai tergetar, bukan tergetar karena sengaja di gerakkan tetapi bergetar karena ALLAH. getaran yang sangat kuat dari dalam sehingga tubuh juga bergetar. demikian mas asrori.

  5. maturnuwun sanget kang tohar, atas masukan yang berharga ini.

  6. sama-sama mas asrori. semoga bermanfaat.

  7. Kang, kemarin yang mencari ampas, nafas, tanafas, dan nufus dah dapat jawabannya belum ya?

  8. he he he… mung sitik mas. kalau mau ngasih tambahan, silahkan saja. tak tunggu.

  9. Justru itu kang, aku mau lanjutin merangkai anatomi bag ketiga, tapi aku disuruh nunggu dulu untuk mencari makna nafas, tanafas, nufus dan ampas tadi…dari redaksi Al Qur’an aku baru ketemu dua kata tsb, tanafas dan nufus…aku butuh tahu lagi dari kosakata bahasa arab, mereka biasa memakai ungkapan ini dimana….ada satu misink link yang belum aku temukan…tapi dari gambaran yang aku diberitahu nantinya keempat istilah ini berhubungan dengan salah satu tempat dimartabat tujuh dan menghubungkan dengan keadaan awal diri kita saat belum bisa disebut dengan manusia.

  10. nafas, tanafas, nufus, anfas, sebenarnya sama, semua adalah udara yang masuk di dalam tubuh, lewat hidung beredar ke seluruh tubuh dan akhirnya keluar. ruh adalah udara, ruh adalah nafas. tempat nafas dll kan ada di martabat ke 5 (awal ditiupkan) dan sempurna setelah di martabat 7. besuk tak tulise yg lebih lengkap.

  11. Asslm.mau tanya. niat sholat WAJIB mesti di lafadzkan ato cukup dalam hati,,,??? trims

  12. niat dalam hati sama saja mas. kalau lafal itu kan membaca dan kalau dibaca, jangan-jangan selesai membaca hilang niatnya. melafalkan untuk memantapkan mas.

  13. kang Tohar, nambahin dikit ya…
    Niat itu terserah mau anda lafalkan atau dalam hati, namun niat itu sebenarnya merangkai kesadaran anda bergerak dalam shalat karena Allah, rangkaian mulai dari takbir – sadar karena Allah hingga akhir salam – sadar pula karena Allah disitulah niat itu sebenarnya hadir.

  14. betul. saya setuju dengan cak mamad. namun tak jarang bahkan seringkali kita terhenti di niat itu sendiri, padahal tidak karena sebenarnya niat itu terjadinya kesinambungan dari awal sampai akhir.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: