Posted by: Tohar | June 26, 2009

sholat bukan tujuan


Sering mendengar ucapan sing penting aku sudah sholat, minimal wis absen, minimal wis nitik. Kalau Ucapan itu sama saja artinya menjadikan sholat itu tujuan, padahal sholat itu bukan tujuan, melainkan “proses” alias laku. Laku perwujudan dari kesaksian. Kalau sholat dijadikan tujuan, maka habis sholat sudah, selesai alias blas, tidak membekas. Maka jangan menyalahkan kalau habis sholat lalu teriak Allahu Akbar lalu saling pukul memukul, menghancurkan toko ataupun tempat-tempat yang lain seperti aksi yang ditampilkan di televisi yang notabene mereka memakai atribut-atribut tertentu pula.

Makan pun bukan tujuan, melainkan proses, kalau dijadikan tujuan maka jadinya adalah serakah alias tamak, tidak pernah mengenal kenyang. Jadi semua yang ada didunia ini adalah LAKU alias PROSES. Proses tidak mengenal untung atau rugi, sedangkan tujuan selalu dengan konotasi UNTUNG. Kalau tidak untung maka jatuhnya adalah rugi alias KECEWA karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Aku sudah sholat, tetapi kok karirku tidak lancar. Aku sudah sholat kok tidak kaya-kaya. Jadinya adalah malah menyalahkan dan menghujat ALLAH. Sholat adalah proses untuk menghadap ALLAH, soal hasil, itu adalah hak ALLAH namun jangan sekali-kali mengartikan “buah” dari sholat adalah MATERI.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: