Posted by: Tohar | July 21, 2009

Akhlakul Karimah dan Tauhid


Akhlakul karimah dan Tauhid adalah sama-sama akhlak, tetapi memiliki tempat yang berbeda dan keharusan yang berbeda pula. Akhlakul karimah adalah bersifat “HARUS” kepada sesama makhluk sedangkan Tauhid adalah HARUS kepada ALLAH, masing-masing memiliki patrap yang berbeda. Akhlakul karimah bersifat horizontal dan Tauhid adalah vertikal. Jangan pernah mengharuskan Tauhid kepada orang lain karena yang keluar adalah permusuhan, atau bahkan peperangan, saling bunuh. Tauhid adalah urusan pribadi setiap diri kepada Allah. Jangan paksa orang lain untuk ngikut tauhid yang kita anut. Setiap diri memiliki porsi Tauhid yang berbeda pula. Jadi keluarnya adalah lakum dinukum waliyadin. Sudahlah…aku maunya gini, kamu begitu.. silahkan saja. Aku suka sayur bening, anda suka sayur lodeh. Enak to…..


Responses

  1. Allah swt menghendaki kita untuk meneladani akhlak Rosul Muhammad saw, Akhlak Rosul saw adalah Al Qur’an sedangkan dalam Al Qur’an sendiri (sebagai kalmulloh) kandungannya adalah sebagian besar menjelaskan tentang akhlak dan sifat Allah swt.

    Allah menginginkan kita Tauhid beriman hanya pada Allah swt, agar kita bisa meneladani akhlak-akhlak Allah swt yang terkandung dalam Al Qur’an.

  2. bener cak mamad. jane simple ya. mung kon nglakokno wae..ndak usah macem-macem.

  3. tahuid adalah ualitas agung manusia dengannya ia akan mencapai derajat yang tinggi disisi tuhannya ,,,,,,,,,surga firdaus


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: