Posted by: Tohar | August 5, 2009

Alangkah indahnya mengantuk itu.


Seringkali kita jengkel karena sedang kerja tiba-tiba rasa kantuk datang. Ataupun ketika sedang mengendari motor atau mobil, mata ini sangat mengantuk dan pengin tidur dan sehingga kadang secara tidak sadar, kita menjadi marah dengan diri sendiri bahwa mata ini tidak bisa diajak kompromi. Salahkah rasa kantuk ini?

Seharusnya kita harus berterima kasih karena kita bisa merasakan kantuk. Jika tidak mengantuk, maka saya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi nanti, bisa jadi kecelakaan dsb. Rasa kantuk adalah “ALARM” awal tentang kondisi fisik kita. Jadi ketika rasa kantuk ini muncul, seharusnya kita berterima kasih karena sudah di INGATKAN. Kok bisa ya? Kantuk adalah indikasi bahwa ada beberapa organ tubuh yang sudah dalam kondisi puncak dan perlu untuk istirahat. Rasa kantuk juga bisa sebagai indikasi bahwa tubuh ini kekurangan atau kelebihan unsur tertentu. Rasa mengantuk bisa timbul karena otak kekurangan supply udara, atau bisa karena kelebihan gula darah, atau karena tubuh kekurangan gula dalam darah, atau juga indikasi bahwa syaraf mata ini harus diistirahatkan.

Nah, andai saja manusia diciptakan tanpa memiliki rasa kantuk, maka apa jadinya ketika sedang mengemudi dan lalu tiba-tiba tertidur? Efeknya adalah KECELAKAAN. Andai saja sedang makan lalu tiba-tiba tertidur, apa jadinya? Dokter yang sedang menyuntik pasien, lalu tiba-tiba tertidur, apa jadinya?

Allah adalah CREATOR yang sangat sempurna. DIA sudah mendisain sedemikian rupa organ-organ tubuh ini berfungsi dengan sendirinya tetapi saling mendukung organ yang lain. Bersyukurlah karena kita masih diberi rasa mengantuk. Bersyukurlah bahwa rasa mengantuk ini adalah indikasi kita ini masih hidup. Coba bayangkan, sekarang Mbah Surip sudah tidak mengantuk lagi. Mau seperti Mbah Surip? … Ah.. jangan dulu ah….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: