Posted by: Tohar | August 9, 2009

Salah kaprah dalam nyantri di PONPES


Dalam problem solving muncul istilah ATK alias Asumsi Terselubung yang Keliru alias Salah Kaprah dan salah kaprah ini akhirnya menjadi hal yang biasa padahal TIDAK Pas. Salah Kaprah inilah yang saat ini membudaya dalam masyakat Indonesia yaitu di PESANTREN. Orang nyantri karena pengin menjadi KYAI atau pengin menjadi USTADZ atau pengin PINTAR soal kitab, pengin HAPAL Al Quran, pengin bisa baca Kitab Kuning. Jadi pergi nyantri selalu indentik dengan kitab kuning, identik nanti menjadi kyai dsb, akhirnya inilah yang menjadi TUJUAN, padahal tujuan NYANTRI di Pesantren adalah agar mengerti AGAMA lalu menjalaninya dengan BAIK atau agar menjadi pribadi-pribadi yang berbudi pekerti luhur alias menjadi insan kamil. Maka jangan salahkan kalau produk PESANTREN jaman sekarang rentan patah terhadap perkembangan jaman, dan jangan kaget ketiga alumni pesantren-pesantren ini ketika menjadi para pejabat atau wakil rakyat, tindak tanduknya sama sekali tidak menunjukkan akhlak lulusan pesantren itu sendiri. Maka jangan kaget ketika mereka terjun ke masyarakat bukan karena meniru akhlak rosululloh tetapi lebih mementingkan BISYAROH alias AMPLOP alias Kyai atau ustadz Tariff. Sungguh ironis.


Responses

  1. menurut saya itu hanya masalah personal…bukan hak anda mendikte orang mau jadi seperti apa….sedangkan nabi nuh tidak dapat menyelamatkan anaknya…anda tahu hidup adalah pilihan…dan itu adalah hak dan tanggung jawab masing masing…kenapa anda merasa ironis???nabi Muhammad saja tidak punya kuasa mengislamkan pamannya….apalagi anda????apakah semua orang harus jadi baik setelah memasuki pesantren???Innalladzina kafaruu sawaun alaihin a andzar tahum amlam tungdzirhum laa yu’minuun.sadar tidak sadar hati seseorang…..adalah karena hidayah Allah…biarkan Allah menjalankan urusaanya.mengapa anda yang sibuk???
    tulisan anda sangat tidak etis menurut saya

  2. sekali lagi saya ucapkan terima kasih buat mas bastomi. silahkan mas bastomi sendiri melihat kondisi masyarakat yang saat ini berkembang. saya tidak menjelekkan, tapi itu adalah salah satu hal yang ironis dan membuat saya sendiri trenyuh. saat ini agama tidak lain hanyalah dijalankan sebagai kebiasaan saja bukan sebagai sebuah ketaatan. mas jangan tersinggung. kalau tersinggung terus atau mungkin marah, ntar jangan2 mas malah pusing sendiri.

  3. Assalamu’alaikum

    Saya muzakki dari jogja, umur saya 22th.. Saya mau tanya, kalau sekarang saya ingin belajar ngaji bagaimana nggih, Dari nol,, Insyaallah bisa baca qur’an, bisa baca kitab jurumiyah, tp blm bs nahwu sorof dan kitab gundul..

    Seperti yang jenengan katakan.. saya pengen uzlah dari masyarakat dan keadaan dl.

    Saya juga insyaallah kuliah di s2 ugm.. Dan masuk kuliah bulan september.. Sebaiknya bagaimana nggih? Apa saya mulai nyantri sekarang? (mei-agustus) untuk adaptasi? Atau nunggu lulus s2 (2thn lagi)

    Matur suwun…. Wassalamu’alaikum…

  4. Belajar lah sedini mungkin…belajar ngaji bisa dimana saja…kalau mau ngaji kitab tempatnya di pesantren. Akan tetapi jangan lupa bahwa ngaji bukanlah tujuan melainkan sarana untuk menuntut ilmu.Tujuan akhir nya adalah ke ALLAH..gunakanlah ilmu agama untuk berjuang di jalan Allah. Uzlah tidak harus menyepi di tengah hutan atau bertapa..melainkan uzlah bisa dilakukan setiap saat. Uzlah mengandung pengertian keluar dari keramaian dan hati selalu ingat kepada Allah. Berdzikir bisa dilakukan setiap saat, tidak harus memutar tasbih dsb…..Mks. Selamat karena di usia 22 th, Mas sudah ada niat yang kuat utk datang ke Allah. Tks

  5. Mas bisa nyantri di Krapyak….insyaallah banyak kyai sepuh disana… Suwun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: