Posted by: Tohar | August 30, 2009

Khusyuk itu mudah


Banyak cara dilakukan untuk bisa khusyuk dalam sholat. Kadang bisa dan tak jarang malah otak ini malah pergi kemana-mana, jadinya aku sholat tetapi aku berada di mal, aku berada di tempat kerja, malah aku berada di meja makan, bukan menghadap ALLAH. Sulitkah untuk khusyuk? Jawabnya adalah TERGANTUNG kepada kita sendiri. Bisa mudah bisa juga sulit. Bisa kalau sudah ketemu caranya dan sulit kalau belum ketemu solusinya.

Khusyuk adalah pemberian, dan kyusuk tidak bisa diciptakan. Karena khusyuk adalah pemberian ALLAH, maka agar bisa khusyuk, kita harus mau kembali kepada ALLAH. Tidak perlu membayangkan lafal ALLAH alias alif lam lam ha. Tidak perlu. Tidak perlu membayangkan cahaya gemerlap. Itu bukan ALLAH, itu bukan khusyuk. Mau khusyuk… sebelum takbir, coba diam sejenak, kosongkan pikiran, kosongkan hati lalu fokuskan hanya ke ALLAH. Biarkan tubuh meluruh…dan kemudian angkat tangan, takbiratul ikram.. ALLAHU AKBAR… maka serrrrr seperti aliran listrik.. bergetar…itulah sambutan dari ALLAH.. itulah daya ALLAH. setelah itu.. jalankan sholat dengan tenang, tidak terburu-buru…kalau mau menangis.. menangislah…setelah tenang lanjutkan dengan membaca ayat-ayat lagi dan seterusnya.

Inilah kesimpulan yang bisa saya ambil dari acara Training of Trainers, selama 2 hari di Jati Bening bersama dengan Ustadz Abu Sangkan 29-30 Agustus 2009.


Responses

  1. Weleh2..

  2. maksudnya apa kang kok weleh2???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: