Posted by: Tohar | September 3, 2009

Khusyuk itu mudah (2)


Khusyuk bukan bilik kyai atau ustadz, tetapi khusyuk adalah milik dan idaman setiap muslim, tidak terkecuali. Namun seringkali ketika membahasa soal “sholat khusyuk”, yang tercetus adalah statement…”aku belum sampai ke tahap itu”, wah itu sulit dsb. Sekali lagi bahwa diri kita sendiri yang membatasi sehingga kita sendiri tidak akan mendapatkan sholat yang khusyuk.

Langkah pertama untuk mencapai sholat yang khuysuk adalah “sabar” (al baqararah 45 dan 153). Bersabarlah dulu, jangan melakukan aktifitas lain, diam, sabar, coba sambung ke ALLAH. Setelah sambung baru lanjutkan dengan takbirotul ikhram. Selesai takbir, berhenti sejenak, sambung lagi, serahkan diri ini kepada ALLAH. Setelah itu baca doa iftitah, selesai, diam, sambung lagi dan seterusnya. Lakukanlah sholat dengan santai, jangan terburu-buru, nikmati saja. Kita sedang menghadap ALLAH, bukan sedang dikejar anjing gila atau sedang dikejar hantu.

Khusyuk, dalam kata lain, adalah seberapa dalam kita ingat dan sambung ke ALLAH. Ini adalah sekedar gambaran jika dalam sholat kadang pikiran kita bergerak kepada selain ALLAH, maka bersegera kembali ke ALLAH. Kembali dan kembali ke ALLAH, begitu seterusnya.


Responses

  1. Assalamualikum mas, apa kabar nya?

    Maaf kang boleh nimbrung dikit disini – sebelumnya minta maaf ya kang, kok menurut saya dasar QS 2 ayat 45 dan 153 sepertinya kurang pas dipakai disini.

    sabar diam dalam shalat ini adalah tuma’ninah (mboten grusa-grusu) wong jowo ngarani “alon-alaon asal kelakon”, kelakon sampai ke Gusti Allah.

  2. waalaikum salam cak. alhamdulillah baik. kerangka paling dasar sebelum sholat adalah sabar, dengan sabar maka seseorang akan sadar, dengan sadar maka akan bisa beranjak ke tahapan berikutnya yaitu “khosyiun”. al baqarah 45 dan 153 adalah senada, jadi menurut saya sudah cukup sbg dasar untuk menuju sholat yang khusyuk (sepengetahuan saya mas). kalau masih kurang pas, bisa ditambahkan dalil yg lainnya. monggo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: