Posted by: Tohar | September 9, 2009

Belajar patrap, sulitkah?


Harus dipahami bahwa patrap bukanlah muhasabah alias perenungan diri atau juga kontemplasi. Patrap juga bukan menyesali peristiwa lampau, lalu menangisinya. Tidak. Kita harus yakin bahwa ALLAH sudah mengampuni semua dosa-dosa kita. Allah adalah Sang Maha Pengampun, jadi tidak usah kuatir. Patrap adalah sambung ke Allah, ajar menerima Allah, juga sekaligus menyampaikan rasa cinta ke ALLAH. Patrap bukanlah meditasi. Patrap bukanlah mengosongkan pikiran. Patrap harus sadar dan dengan sadar maka akan tahu siapa yang dituju, apa yang dibaca. Kalau meditasi adalah mengosongkan pikiran, fokus ke satu titik saja. Hasilnya pun beda.

Memulai patrap, kenakanlah baju yang bersih, suci, lalu ambilah wudhu, lalu boleh duduk bersila atau juga duduk di kursi. Setelah itu tubuh biarkan rileks, otot2 biar kendor, meluruh, niatkan yang kuat ke ALLAH. Lalu bacalah syahadat, istighfar dan sholawat, setelah itu panggillah Ya ALLAH.. Ya ALLAH.. Ya ALLAH dengan sepenuh hati, bangkitkan rasa cinta yang dalam. Dan..tiba-tiba terasa ada sesuatu yang naik.. ada yang tersedot ke atas bahkan dada ini terasa mau pecah. Dan setelah itu ikutilah getaran-getaran karena sambutan ALLAH ini. Mau menangis? menangislah karena ALLAH bukan yang lain , tetapi hati ini harus tetap fokus ke ALLAH.. terus…..

Masih belum paham atau sulit untuk patrap?? Saya bersedia untuk sharing lebih lanjut. Hub saya di 08122879369 atau kirim email ke tohar_much@yahoo.com.


Responses

  1. Assalamualaikum Kang Tohar.

    Kang Tohar panjenengan punya contact SC di depok gak? atau disekitarnya lha.

    Saya pingin sholat khusu’ dan kesadaran diri (dzikir nya jiwa atau alias patrab ini) bisa getok tinular didalam kompleks perumahan saya.

    Pripun ngih kang caranipun?

    Atau kapan-kapan Kang Tohar nih saya undang ke Sawangan – Depok buat ngisi ceramah di mushola kompleks saya…he..he..he…

  2. jenengan bisa kontak ke Bp. Choirul Z di 081328809768. kalau saya ke depok, ntar saya melewati wilayah he he he. Bp. Choirul ada di Depok kok. kapan2 kalau saya ke jakarta, tak mampir ke daleme cak mamad. kasih no hp cak mamad ya.

  3. kang, kalo di Bekasi dimana ya kang, utk pelatihan sholat khusu dan patarp ?

  4. Jl. Kemangsari IV/5, Jati Bening Baru, Bekasi, belakang POM Bensin, Sebelum POM Bensin ada Gang ke Barat, masuk saja kira 25 meter dan di kanan jalan disitulah Sholat Center. datang saja kang. Jati Bening adalah pusatnya. atau buka saja http://shalatcenter.com.

  5. kalo pelatihan solat di depok ada ga ya ato ceramah bapk Ustad Abu sangkan

  6. di depok ada mas. atau kalo mau langsungan, bisa ke Jati Bening Mas. ke shalat center pusat.

  7. Ass. wr. wb.
    Ndherek tepang Mas Tohar…
    Dalem org jawa tapi tinggal di Kalimantan dan sekarang sedang bingung mencari sesuatu yang hilang dari dalam diri ini, bolehkah dalem sharing dengn panjenengan melalui HP, kalo boleh dgn cara SMS atau Telpo langsung?
    Nuwun
    Wass. wr. wb.

  8. via SMS atau telepon juga ndak masalah mas. bebas kok.

  9. persisnya dimana ya mas alamatnya,kebetulan saya tinggal di citayam,kalo bpk khairul skrng ada di jogya kalo ga salah

  10. Langsung ke Jatibening saja. Dekat kan dengan Depok. Malam Jumat kan ada pelatihan.

  11. Very Nice website. I recently built mine and i was looking for some ideas and you gave me a few. Did you develop the website alone?

    Thank you

  12. just a simple blog…yes, i develop my self. thank.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: