Posted by: Tohar | September 27, 2009

Anjing dan rabies


Korban banyak berjatuhan karena rabies, maka pembunuhan terhadap anjing-anjing di Bali dilakukan. Kok aneh ya…ramai-ramai membunuh anjing yang tidak berdosa. Kenapa selalu mencari kambing hitam? Membunuh anjing yang diduga sebagai penyebab rabies adalah sama saja dengan ramai-ramai mengeduk sungai atau memperkuat sungai atau juga membuat waduk. Ketika musim hujan datang.. tetap saja banjir, karena problemnya bukan di sungai atau di waduk atau di tanggul-tangau yang bobol, tapi kuncinya ada di HUTAN. Hutang yang gundul harus direboisasi, jangan malah digundulkan. Bagaimana ada resapan atau resistensi terhadap air kalau hutan sudah gundul? Seperti halnya mengguyur kepala yang botak, maka airnya langsung meluncur habis…..

Kembali kepada rabies, apakah dokter sudah membuktikan bahwa anjing itu penyebab utamanya?? Kalau memang anjinglah penyebabnya, tentunya banyak orang yang terkena, kenapa tidak? Artinya ada sesuatu yang salah kan. Kenapa manusia tidak mau instropeksi diri? Jika memang anjing sebagai penyebarnya, berarti ALLAH sebenarnya sudah menyampaikan PESAN kepada manusia yaitu janganlah bersikap seperti ANJING, jangan berperilaku seperti ANJING. Sifat anjing kan serakah, ojo ditiru. Anjing kan suka menggonggong, makane jangan suka berteriak-teriak alias jangan suka marah dsb.

Kasihan sekali anjing-anjing ini, dibunuh padahal tidak salah.. Manusia oh manusia senangnya selalu mencari kambing hitam.. selalu menyalahkan orang lain.


Responses

  1. Kalo demam berdarah/malaria, brarti jg sama gak boleh bunuh nyamuknya pak?

  2. boleh mas, ndak ada yang larang. maksud saya, setiap kali ada masalah, kenapa lalu mencari “korban” alias kambing hitam? dalam al quran surat as-syuura ayat 30 disebutkan bahwa semua musibah itu akibat dari ulah manusia sendiri.. jadi ketika mendapatkan musibah, sebaiknya kita ini instropeksi diri dulu.. pasti ada sesuatu yg kurang pas di hadapan Gusti ALLAH. itu mas maksud saya sebenarnya.

  3. ya… maksud mas, maturnuwun. QS.Asy-Syuura:30 ini sering dikaji oleh ust.Dhanu ttg sebab/asal penyakit.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: