Posted by: Tohar | October 5, 2009

Gempa dan gempa


Muncul beragam komentar dengan musibah gempa bumi 7.6 richter di bumi ranah minang ini. Ada yang mengatakan hukuman, ada yang mengatakan musibah dan sebagainya. Ada yang mengomentari ALLAH sangat kejam dan ALLAH tidak adil karena banyak bayi-bayi yang mati dan ratusan nyawa sudah hilang.

Janganlah sesekali beranggapan ALLAH itu kejam, ALLAH itu tidak adil, ALLAH tidak cinta,ALLAH sangat jahat. ALLAH tidak bisa dirupakan, tidak bisa dianggap seperti manusia. ALLAH berkendak sesuai dengan kehendaknya, ALLAH tidak bisa disuap dengan menggunakan amal atau sedekah karena sekali lagi ALLAH adalah ALLAH.

Ini adalah tatanan ALLAH dan inilah takdir ALLAH, bagi yang BERIMAN kepada ALLAH, maka harus percaya bahwa tidak ada yang luput dari rencananya. Dalam Al Quran Surat As Syuura ayat 30 maka dijelaskan bahwa musibah adalah akibat dari perbuatan manusia.

Tidak perlu mencari salah apa orang-orang di Sumbar itu. Tidak perlu mencari kesalahan karena kesalahan itu sudah kita perbuat setiap hari bahkan setiap detik. ALLAH bisa saja menimpakan musibahnya kepada masyakat SUMBAR dan disisi lain ALLAH pun membuka pinta PAHALA dengan sengaja menggerakkan umatnya yang ada dibelahan bumi lain untuk menolong masyarakat SUMBAR.

Perlu diingat bahwa ALLAH menjatuhkan satu musibah tetapi di sisi lain ALLAH juga menurunkan memberikan rakhmat. Inilah yang disebut dengan TATANAN alam semesta ataupun juga disebut mata rantai kehidupan. Bersyukurlah bahwa kita disini masih diberi ampunan dan kenikmatan oleh ALLAH, maka sudah sewajarnya kalau kita yang ada disini semakin meningkatkan rasa cinta kita kepada ALLAH dan makhluknya yang lain. Jadilah pribadi-pribadi yang menyadari keberadaan diri ini. Jadilah manusia sebenarnya manusia dan berakhlaklah dengan sebaik-baiknya akhlak. Beribadahlah dengan CINTA dan KERINDUAN, bukan sekedar menggugurkan kewajiban.

Saya ada sedikit record dan semoga record ini bisa menjadi bahan renungan buat kita yaitu :

Gempa di Tasik jam 15:04 sore
Gempa di Padang jam 17:06 sore
Gempa di Sulset jam 17:58 sore
Esuknya…
Gempa di Jambi jam 08:52 sore

Saya belum cek apakah jam-jam tersebut berhubungan masing-masing surat dan ayat sesuai dengan nomor urut di atas.. tetapi yakin bahwa ada maksud tersendiri dengan gempa ini. Bisa jadi ALLAH akan memunculkan generasi-generasi yang baru di SUMBAR ataukah ALLAH sengaja mengurangi kaumnya yang khianat kepada-NYA??? Tidak ada yang tahu. Bisa jadi ALLAH menurunkan gempa ini karena ALLAH melihat kita sebagai manusia tidak bisa bertindak sebagaimana manusia yang seharusnya menjadi khalifah di muka bumi tetapi malah bertindak sebagai perusak. Manusia mengekplorasi alam habis-habisan tanpa perduli. Kekayaaan alam dikuras habis, hutan dihancurkan sehingga hewan-hewan pun akhirnya mati kelaparan dan musnah. Bisa jadi musibah ini adalah doa dari para tumbuh-tumbuhan, hewan maupun makhluk lain yang menghuninya yang sudah dizalimi oleh manusia. Bisa jadi ALLAH malah sudah bosan dengan perilaku pada manusia yang tidak mau bertobat dengan segala kesalahannya.

Bisa jadi musibah yang berturut-turut ini adalah teguran bagi para pemimpin bangsa yang KORUP yang selama ini tidak perduli dengan nasib BANGSA Indonesia. Para pejabat negara yang memperkaya diri sendiri, para wakil rakyat yang menghambur-hamburkan uang rakyat dengan dalih STUDY BANDING ke luar negeri. Atau juga bisa jadi ini adalah peringatan bagi para anggota DPR dan MPR yang mengabiskan uang 20 Milyar rupiah hanya untuk acara PELANTIKAN.

Saya mendapatkan SMS yang dikirimkan dari teman dan SMS itu adalah dari Ustad Abu Sangkan tadi pagi. SMS nya adalah sbb:

Seandainya kita bersujud dengan kesadaran bahwa tubuh kita adalah bumi yang berputar, betapa besarnya daya yang dimiliki oleh tubuh kita, dan betapa dekatnya ruh kita dengan ALLAH. Masihkah orang-orang yang tidak shalat melebihi kekuatan orang yang shalat?? Hanya bersujud kita bisa menyelesaikan persoalan kita, termasuk gempa yang melanda Indonesia akhir-akhir ini (Abu Sangkan).

Kuncinya disini adalah kita sebagai insan-insan yang mau menyadari keberadaan diri dan alam semesta. Alam sebagai partner dan bukan musuh.

Sudahkah kita berterima kasih kepada bumi yang kita pijak ini?? Yang setiap hari membawa kemana saja kita pergi, sudah kita kencingi, tempat Buang air besar. Bumi tidak pernah protes?? Coba sesekali berterima kasih kepada bumi..biar bumi tidak marah…

Ya ALLAH cukup sampai disini saja musibah Mu, Ya ALLAH… kami tidak kuat menanggungya…Ampuni kami Ya ALLAH… Ampuni kami…….


Responses

  1. Assalamualikum, kalau lihat jam kejadian dan dihubungkan dengan ayat Al Qur’an pada jam tersebut – isi ayat Qur’an tersebut rata-rata adalah teguran keras.

    Namun kita tidak boleh menghubung-hubungkan angka-angka tersebut seperti itu.

    mau dihubung-hubungkan atau tidak, mau itu kita anggap sebagai ujian, musibah atau hukuman atau mungkin bahkan tanpa sebab yang masuk akal bagi kita, gempa tetap akan terjadi.

    Kang Tohar benar, disisi lain Allah menimpakan musibah bagi saudara kita di sumbar, artinya kita semua bukan hanya saudara kita yang disumbar saja, harus mau untuk menengok diri ke dalam (instropeksi) adakah perintah Allah yang kita remehkan.

    Disisi yang lainnya Allah membuka pintu amal baik untuk kita disini, adakah kita terketuk untuk ikut peduli?

    inilah Ujian itu, ujian itu buat kita yang ada saat ini disini, yang tidak tertimpa musibah, adakah kita peduli pada saudara-saudar kita disumbar?

  2. benar mas, ndak perlu lagi bahas apa ini musibah atau ujian karena ujian dan musibah ini tergantung pada setiap diri yg menyikapinya. lebih lanjut, mari kita perbaiki akhlak ini dengan sebaik-baiknya akhlak, menempatkan diri layaknya orang sholat, berdiri, rukuk, sujud, duduk dan salam, saling membantu dalam kesusahan, berbuat yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain, tidak berbuat kerusakan.. mau instropeksi atas setiap kesalahan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: