Posted by: Tohar | October 14, 2009

Rela (2)


Ketika siang hari, panas terik,naik motor atau naik bis maka keringat keluar bercucuran.. dan suasana menjadi sangat tidak enak. Lain halnya ketika masuk ke sauna, suhu ruangan sangat panas dan keringat keluar sangat deras. Ndak ada masalah.. happy-happy saja karena memang itu yang dicari. Sama halnya ketika sedang berolahraga, ketika tidak keluar keringat malah aneh.. malah bingung kok tidak berkeringat, jangan-jangan ada organ tubuh yang terganggu.

Pertanyaannya adalah kenapa pas naik bis atau antri di halte dan keringat ini keluar kok terasa tidak nyaman, sedangkan ketika berolahraga dan baju ini menjadi basah malah senang??? Kuncinya adalah emang diniati.. emang sengaja dan rela. Maka melakukan aktifitas apapun, niati dengan baik, ikhlas, rela bukan karena terpaksa.

Rasa tidak nyaman, tidak enak bukan terletak pada lingkungan tetapi terletak pada diri kita sendiri, maka janganlah memagari diri ini biarkan terbuka dan membaur dan menyatu. Seperti halnya berdiam diri kandang kerbau.. kita tidak akan betah karena baunya karena sejak awal sudah mengkondisikan kandang kerbau itu bau, banyak kotoran. Sedangkan pemilik kandang kerbau ya biasa saja.. sekali lagi ini berada di wilayah “rasa” maka kondisikan diri ini untuk BAIK dimanapun, kapanpun. Sekali lagi jangan antipati..


Responses

  1. Semestinya seperti itu, namun juga harus disadari bahwa tidak selamanya benda cair akan menyatu dengan air, kondisi yang demikian itu yang harus kita hormati keadaannya, karena alam semesta beserta hukum-hukumnya memang seperti itu. Semuanya memiliki fungsi dan manfaat masing-masing ditempatnya.

  2. menempatkan sesuatu pada tempatnya. menempatkan sesuatu sesuai dengan tatanannya tidak kurang dan tidak lebih.. pas

  3. rasa pun alam.. alam rasa.. yang tenang akan tertarik dengan yang tenang.. yang marak akan tersedot dengan yang marah. dst..

  4. tambahan…saya terinspirasi dengan sholat.. kapan harus berdiri, kapan harus rukuk dsb..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: