Posted by: Tohar | October 19, 2009

Rela (3)


Bayi terlahir dalam keadaan tidak berdaya, tidak punya apa-apa. Yang bisa dilakukan hanyalah nangis. Lapar nangis, haus nangis, pipis nangis, lalu sang ibu tergopoh-gopoh menyusuinya atau tergopoh-gopoh mengganti popoknya. Lalu bayi ditimang-timang…sambil dinyanyikan..oh anakku sayang……sampai sang bayi tertidur. Namun ketika sang bayi tidak mau dikasih asi, diganti dengan susu formula masih ndak mau,diganti dengan air putih.. masih rewel, ndak mau dan nangis terus. Kira-kira, sang ibu ini muncul jengkelnya apa tidak?

Cerita yang lain, dalam satu keluarga, punya 3 anak, yang sulung, sangat rajin belajar, pintar, disuruh orang tuanya langsung berangkat, tanpa diminta belajar, sudah belajar. Saat makan, apa saja yang dihidangkan dimakan, tanpa tanya, tanpa protes. Apapun pemberian orang tua selalu diterima.

Anak yang kedua sangat bandel. Kalau minta, harus segera dipenuhi, kalau marah, ngamuk. Diminta belajar, malah tidur. Nilai sekolah selalu jeblok.

Anak yang ketiga.. baik, tetapi selalu minta sesuatu, sudah dikasih nasi goreng, minta tambah ayam goreng. Dibelikan baju, minta tambah sepatu.

Jika anda menjadi orang tua dari ketiga anak tersebut, kira-kira, anda akan milih mana? Kasih sayang mana yang banyak diturunkan ke 3 anak tersebut???

Cerita diatas adalah analogi kehidupan manusia secara keseluruhan…. itulah gambaran dari RELA…..bahwa ALLAH akan lebih sayang kepada orang yang RELA..rela dalam apapun…

Kira-kira, kita sendiri berada diposisi nomor berapakah? Apakah nomor 1, nomor 2 ataukah nomor 3. Yang tahu adalah diri kita sendiri, dan tinggal kita perbaiki terus menerus.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: