Posted by: Tohar | January 7, 2010

Berdoa itu memohon bukan memerintah


Mulailah instropeksi diri sendiri apakah selama ini kita sudah berdoa dengan benar yaitu memohon kepada ALLAH ataukah mungkin malah memerintah ALLAH untuk memenuhi keinginan kita. Karena sifatnya hanya memohon, maka soal dipenuhi atau tidak itu urusan Allah, keluarnya adalah ikhlas. Karena sifatnya memerintah, maka ketika doa ini tidak dikabulkan (versi manusia tentunya), maka keluarnya adalah kecewa, aku sudah berdoa, sudah puasa dll, tetapi hidupku masih seperti ini. Jika seperti ini maka inilah yang disebut menggerutu atau juga menghujat dan bahkan memarahi Allah.

Berdoa adalah bukti KETIDAK MAMPUAN seorang hamba, bukti la haula wala quwata illa billah. Panjatkanlah doa dengan ikhlas. Yakinlah bahwa doa ini akan dijawab oleh Allah dan Allah menjawab doa hambanya sesuai dengan cara Allah bukan cara manusia. Jadi…enjoy aja.


Responses

  1. Dalam berdoa seyogyanya menggabungkan 4 unsur dalam diri kita; meliputi; hati, pikiran, ucapan, tindakan. Dikatakan bahwa Tuhan berjanji akan mengabulkan setiap doa makhlukNya? tetapi mengapa orang sering merasa ada saja doa yang tidak terkabul ? Kita tidak perlu berprasangka buruk kepada Tuhan. Bila terjadi kegagalan dalam mewujudkan harapan, berarti ada yang salah dengan diri kita sendiri. Misalnya kita berdoa mohon kesehatan. Hati kita berniat agar jasmani-rohani selalu sehat. Doa juga diikrarkan terucap melalui lisan kita. Pikiran kita juga sudah memikirkan bagaimana caranya hidup yang sehat. Tetapi tindakan kita tidak sinkron, justru makan jerohan, makanan berkolesterol, dan makan secara berlebihan. Hal ini merupakan contoh doa yang tidak kompak dan tidak konsisten. Doa yang kuat dan mustajab harus konsisten dan kompak melibatkan empat unsur di atas. Yakni antara hati (niat), ucapan (statment), pikiran (planning), dan tindakan (action) jangan sampai terjadi kontradiktori. Sebab kekuatan doa yang paling ideal adalah doa yang diikuti dengan PERBUATAN (usaha) secara konkrit.
    lebih jelasnya liat http://sabdalangit.wordpress.com/atur-sabdo-pambagyo/rahasia-kekuatan-doa/

  2. setuju mas. doa dan laku menjadi satu mas. tidak bisa dipisahkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: