Posted by: Tohar | February 9, 2010

Melatih kesadaran


Duduklah yang tenang, lebih baik jika sebelumnya berwudhu terlebih dahulu. Lalu duduklah bersila di lantai atau kalau perlu dialam terbuka biar udaranya terasa segar. Setelah itu pujalah Allah dengan sepenuh hati, setelah itu diamlah tetapi hati tetap sambung ke Allah terus-menerus. Tetaplah sadar jangan sampai mengantuk. Rasakan setiap nafas yang masuk dan keluar, rasakanlah detak jantung, rasakanlah aliran darah yang mengalir. Rasakan sesuatu yang bergerak dalam tubuh..mengalir dan lepas…..maka kita akan terbawa masuk ke alam yang serba luas, serba sejuk, damai… tenang….tetapi tetap sadar.


Responses

  1. Insya Allah..

  2. Assalamu’alaikum bang haji.. Apakah dlm melatih kesadaran yg diterapkan ini sama dgn meditasi??
    Wassalam

  3. Perbedaannya adalah meditasi di luar islam itu pengosongan pikiran atau seringkali fokus ke titik tertentu, sedangkan meditasi islam, bukan pengosongan pikiran karena fokus kita ke Allah, jadi tetap sadar 100%.

  4. Bang haji, nyuwun ngapunten bila kita konsentrasi ke Alloh apa ndak malah klambrangan pikiran kita sebab Gusti Allah itu tan keno kinoyo ngopo, mohon petunjuknya secara detail bgmn konsentrasi / fokus kpd Gusti Allah itu?

  5. inni wajahtu wajah hiya liladzi fataras samawati wal alrd. Aku hadapkan wajah diriku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi (Allah). Jadi intinya hanyalah menghadapkan saja. Gusti Allah itu tan keno kiniyo ngopo, karena saking besarnya, saking luasnya jadi tidak bisa dikirakan dengan apapun, tanpa rupa ataupun warna, juga bukan cahaya, tetapi TERASA. Panjenengan hadapkan saja, panjenengan fokus ke Allah saja dan hanya ingat ke Allah saja, selebihnya biarkanlah Allah yang menyambutnya.

  6. matur sembah nuwun petunjuknya, mugi2 Gusti Allah kersa paring pitedah dhateng kita sami….

  7. sami-sami Gus Pur, sareng-sareng sinau, mawas diri, nyadong kanugrahan lan ampunan saking Gusti.

  8. insyaAllah…..

  9. salam pak,,

    semasa kita melatih kesadaran,
    kita memasuki ruang yang hening dan kosong,
    tetapi yang ada hanya Dzat Allah yang maha meliputi,,

    jadi, apakah tujuan kita merasakan, keluar masuk nafas, degupan jantung dan aliran darah itu,, dan sesuatu yang bergerak hingga lepas itu,,

    kerana ini akan membuatkan ruang itu tidak lagi hening tetapi bising,,

    mohon penjelasan,

    makasih.

  10. Kita merasakan nafas masuk dan keluar, degup jantung, aliran darah dsb adalah kita sebenarnya menyadari kekuatan Allah mulai dari kekuatan yang sering kita alami. Ini akan semakin membangkitkan keyakinan kita akan kekuatan-NYA. Kita tidak bertahan disitu karena tahap berikutnya adalah memperluas kesadaran kita tentang kekuatan ALlah meliputi alam semesta, DIA yang menggerakkan semua itu. Setelah itu kita ikuti saja yang bergerak dan menggerakkan. Kita tidak ada lagi, yang ada ALLAH. Silahkan buka artikel terbaru berjudul “Tahap Mengakses Kekuatan Allah.

  11. kadang rasanya berbeda2 pak haji, kadang sy menangis tiada henti, kadang merasa melayang, kadang seperti ruh keluar dan melihat diri sendiri sdg berdzikir dan kadang sy sgt mengantuk. kr2 ada yg salah atau mmg spt ini pak? sblm ini sy sdh mengalami byk kejadian aneh spt yg sdh sy ceritakan kpd pak hj via tlp. mhn petunjuk pak haji… terimakasih

  12. Tidak ada yang salah Mbak Siti. Awalnya bisa jadi seperti itu, biarkan saja tetapi segera lalui fenomena-fenomena itu dan perteguh untuk datang ke Allah karena yang berhak kita datangi hanya Allah dan hanya ke Allah nanti kita kembali. Ketika mengantuk, sudahi saja dzikirnya karena takutnya yang keluar dari mulut bukan memuja Allah. Ketika mengantuk maka kesadaran semakin berkurang. Atay kalau mengantuk, diam saja… niatkan ke Allah, anteng.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: