Posted by: Tohar | February 22, 2010

Pasrah…. Yakin


Banyak orang yang ketika mendapatkan musibah lalu nyeletuk, aku pasrahkan semuanya kepada ALLAH. Itu adalah ungkapan yang sangat baik tetapi akankan pasrah hanya sebatas pernyataan mulut seperti itu. Pasrah adalah sebuah awal perjalanan menuju ke Allah. Langkah selanjutnya adalah YAKIN. Ketika bahasanya sudah menjadi YAKIN, maka huwal awalu dan huwal akhiru tidak lain adalah ALLAH. Ini adalah sebuah kesadaran mutlak juga disebut kesadaran illahiyah, jadi tidak ada bingung atau galau atau gamang.

Hidup adalah ibaratnya sebuah lautan luas yang penuh dengan gelombang bahkan ombak besar yang bisa menenggelamkan kapal. Bahasa pasrah adalah ibarat sebuah biduk kecil di tengah lautan yang gampang terombang-ambing terhembas ombak laut. Sedangkan bahasa Yakin adalah ibarat sebuah kapal induk yang berlayar di tengah samudra luas, betapapun besar gelombang lautan, maka kapal induk tetap tenang berlayar. Ketenangan kapal induk ini adalah hasil dari power yang sangat besar diikuti dengan body kapal yang kokoh yang menghujam ke lautan. Kapal ini adalah tubuh seorang manusia sedangkan nahkoda yang memimpin adalah jiwa yang bersandar kepada kekuatan Allah. Gelombang laut adalah permasalahan dalam kehidupan. Pelabuhan adalah tempat kita akan kembali. Mau sampai ke pelabuhan tergantung dari seberapa YAKIN kita kepada Allah.


Responses

  1. Assalamu’alaikum mas haji!! Sedikit mau tanya apakah dlm kepasrahan itu tdk kita sertai dgn ikhtiar kita sbg manusia. Bukankah kalo kita pasrah saja tanpa disertai ikhtiar berarti sikap kita adalah sikap yg FATALISTIS. Bukannya tdk percaya dgn Tuhan tetapi kita jg harus menjalankan Sunatullah yg menjadi ketetapan Tuhan pd alam semesta.. Nyuwun pitedahipun.. Nuwun.

  2. Aku hanyalah wayang yang digerakkah oleh Sang Dalang. Bisakah aku, wayang ini bergerak sendiri? Aku hanyalah daun yang bergoyang karena digerakkan oleh angin. Bisakah aku, daun menggerakkan angin? Aku adalah angin yang menggerakkan daun. Bisakah aku, angin bergerak sendiri?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: