Posted by: Tohar | March 8, 2010

Kasyaf (2)


Kasyaf sering ditafsirkan bahkan dipahami dengan tembus pandang, melihat ke masa depan, melihat alam ghaib dsb. Ini yang disebut dengan kasyaf “arwah” atau juga “ruh”. Jika ditafsirkan seperti itu, maka itu kita ini tidak ubahnya seperti dukun atau paranormal yang memahami sesuatu atas dasar sasmito ghaib atau wisik dsb., maka dalam perjalanannya akan muncul fenomena ataupun malah jebakan-jebakan yang menggelincirkan seseorang dari jalur perjalanan yang hakiki.

Disebut manusia karena manusia dikaruniai “atiqoh” alias akal budi, yang bisa membedakan mana yang hak dan mana yang batil. Akal budi ini adalah pantulan dari ruhani yang mendapatkan cahaya alias pencerahan (insight) dari Allah. Akal budi inilah yang disebut dengan kasyaf “akal” yang bisa menerjemahkan kasyaf ruh tersebut, karena kasyaf ruh penuh dengan “perlambang” yang harus diterjemahkan dan penerjemahnya tidak lain adalah dari atiqoh itu sendiri. Maka dari itu pandai-pandailah menyikapi sesuatu yang “diterima”, dan bukan ditelan mentah-mentah. Sudah pas lah ayat yang pertama kali diturunkan yaitu “iqro” alias baca, bacalah semuanya maka kita akan mengerti dan PAHAM.

Janganlah menjadi orang buta yang diminta untuk mendefinisikan seekor gajah. Meskipun buta, tetapi telitilah sesuatu satu-persatu, gajah itu besar tegak, gajah itu tipis lebar, gajah itu seperti pipa air panjang dsb. Sehingga pada akhirnya ketika diminta untuk menjelaskan akan bisa memberikan jawaban yang tepat yaitu gajah itu hewan yang tinggi, tegak, berdaun telinga tipis dan lebar, memiliki hidung kecil dan panjang dsb.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: