Posted by: Tohar | March 15, 2010

Fatwa rokok haram PP Muhamadiyah


Hemm.. sekali lagi fatwa yang dipaksakan. Ya silahkan saja namanya saja fatwa, mau dilaksanakan atau tidak silahkan saja, tapi lucu. Jelas tidak ada dasar ayat yang mengharamkan kok. Kalau memang rokok itu haram, berarti semua yang terkait dari rokok ini haram digunakan, termasuk jalan raya kan juga sebagian dari hasil pajak rokok itu. Jadi para pembuat fatwa rokok haram itu sebaiknya jangan lewat jalan raya, melainkan lewat udara saja alias terbang.. he he he. Berarti para karyawan yang bekerja di pabrik rokok juga makan uang haram. Hemm….ada-ada saja.


Responses

  1. Ia mas…saya juga bingung.
    Kalau peringatan atau anjuran tidak merokok itu baik,tapi kalau mengharamkan itumah TERLALU….

  2. anjuran utk tidak merokok, setuju, tp jangan mengharamkan karena setahu saja tidak ada satupun ayat dalam quran yg mengharamkan rokok.

  3. mslh rokok haram sbnrnya sdh dikaji scr mendlm, dan tdk mkn organisasi itu mengeluarkan fatwa tidak ada kajiannya secara agama. terlepas org mau merokok atau tdk, itu hak perseorangan, tp pelajari dulu kajiannya. bunga bank aja haram, tp negara ini butuh dunia perbankan, yg buat fatwa haram kan cm organisasi keagamaan bukan negara atau pemerintah. kecuali pemerintah yg mengharamkan merokok, bila kedapatan akan di hukum. barulah boleh protes. kl agama kan urusan manusia sama Allah SWT.

  4. Tidak ada satupun ayat dalam al quran yang mengatakan rokok itu haram. Saya sudah banyak diskusi dengan beberapa yang Hafid Quran dan satupun tidak ada yang menemukan tentang pengharaman itu. Bagi saya yang haram adalah haram, yang halal adalah halal, yang subhat adalah subhat, jadi tidak bisa dibolak-balik. Bisa berubah tetapi dalam situasi diluar batas kewajaran.

  5. Orang yang doyan rokok, kebanyakan memang tdk setuju kalo rokok itu diharamkan. Sebaiknya, kalau seseorang itu benar-benar beriman kepada Allah dan RasulNya, maka patuhi dan terimalah segala bentuk perintah dan larangan yg ada dalam al-Qur’an dan hadits Nabi Saw. Para ulama Islam terkemuka, seperti Prof. Dr. Yusuf Qarhadawi telah mengeluarkan fatwa, bahwa merokok itu adalah haram. Lembaga-lembaga fatwa agama di Negara-negara Islam seperti Mesir, Arab Saudi, Kuwait, dll juga sudah sejak tahun 1975-an mengharamkan aktivitas merokok. Sumber hukumnya al-Qur’an, hadis Nabi, dan disertai dengan kajian ilmiah dari sudut kesehatan, ekonomi dan sosial. Nah, simpel sj mereka yg tdk mw menerima dan mengamalkan fatwa haram merokok itu menenjukan bahwa imannya memang masih sangat dangkal, karena pengetahuan dan pemahaman agamanya masih sangat rendah. Bagi yg belum bisa menerima fatwa haram rokok ini, smg Allah memberikan petunjuknya.Amien.

  6. Wah berarti mas Imron imannya sudah sangat dalam krn tdk merokok. Kasihan sekali para alim ulama yg pada masih merokok berarti imannya sangat dangkal….berat-berat…..jika memang rokok itu haram dan bahkan dilarang, semoga mereka yg mengluarkan fatwa tsb bisa membantu mencarikan pekerjaan bagi para pekerja pabrik rokok, para petani cengkeh dan tembakau dll. sudah siap mas Imron??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: