Posted by: Tohar | March 19, 2010

Hidup dan mati


Syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji adalah cara untuk merasakan hidup dalam mati dan mati dalam hidup (urip sak jeroning mati lan mati sak jeroning urip). 5 hal tersebut adalah sebuah laku spiritual sang diri untuk meniti dalam perjalanan menuju puncak kehampaan dan kehambaan. Tidak ada lagi aku disini yang ada adalah AKU, ALLAH, karena Allah adalah segalanya.. dan diri ini adalah fana…Tidak ada rupa, tidak ada cahaya, tidak ada suara.


Responses

  1. Pak Tohar, saya kurang mengeri maksudnya hidup dalam mati dan mati dalam hidup. Mohon dijelaskan. Maturnuwun…

  2. setelah hidup kita akan menuju kemana?? mati bukan, tetapi setelah mati, itu adalah awal kehidupan baru yg sesungguhnya. jasad jelas mati, dimakan belatung, tetapi ruhani akan tetap hidup dan ruhani ini yg akan menghadap Allah. orang mati butuh apa? tidak butuh apa-apa. sama ketika kita hidup tidak butuh apa-apa maka kita tidak akan terkungkung. tidak butuh apa2 bukan berarti hidup tidak makan dan minum, melainkan makan dan minum seperlunya. ketika materi menjadi tujuan hidup, maka yg timbul adalah kecewa dan sengsara.

  3. pak,,

    bagaimana mahu mematikan jasad semasa
    jasad masih hidup (belum mati dan ditanam dalam kubur)

    adakah kaedah yang tertentu,, bagi melaksanakan
    maksud “mati sebelum mati”.

    makasih banyak.

  4. Menempatkan semua organ tubuh sesuai dengan fungsinya masing-masing. Menerima pemberian Allah dan menggunakan secukupnya dengan cara yg pas dan benar itu adalah wujud dari syukur. Syukur adalah aplikasi dari membuang “hawa nafsu” yang tidak baik sehingga menjadikan kita sebagai “makhluk” yg sabar dan rendah diri di hadapan Allah. Caranya.. sholat dengan thumakninah lalu menjalankan sholat itu dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah perilaku.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: