Posted by: Tohar | April 16, 2010

Makanan tidak bisa menyebabkan penyakit


Allah menciptakan semua yg ada dimuka bumi ini untuk manusia, untuk dikembangkan, dimanfaatkan. Karena diciptakan untuk manusia berarti mereka sudah tunduk pada perintah Allah. Jadi apakah mungkin makanan maupun minuman yang sudah tunduk kepada Allah ini malah menyebabkan manusia menjadi sakit atau menjadikan penyakit? Ibarat kita memegang segelas air apakah airnya ini bisa tumpah sendiri atau airnya bisa menyiram muka ini? Jelas tidak. Air dalam gelas hanya bisa bergoyang atau tumpah ketika terjadi guncangan misal kita tersandung maka airnya akan tumpah. Selama kita memegang gelas dan berjalan hati-hati maka airnya tidak tumpah.

Makna dari prolog di atas adalah bahwa makanan dan minuman itu TIDAK BISA menyebabkan sakit. Pertama yang menjadikan sakit adalah ketika manusia ini menggunakannya secara berlebihan.Yang kedua adalah makanan dan minuman itu HARAM. Selama makanan itu HALAL, maka PASTI bermanfaat. Yang ketiga adalah cara menggunakan yg tidak tepat, alias asal makan tanpa berdoa terlebih dahulu. Yang keempat adalah perilaku keseharian orang tsb yg melanggar perintah Allah seperti sifat emosian, jengkel, kemprungsung dsb. Mau aman dari penyakit…kuncinya adalah akhlakul karimah. Jika semua itu sudah dijalankan namun sakit masih datang, maka berarti ALLAH sedang merencanakan “sesuatu” untuk kita dan kita harus tetap bersabar dalam menerimanya.


Responses

  1. Assalamualaikum..
    Jadinya salah satu punca sakit

    Assalamualaikum…
    jadinya..salah satu punca penyebab
    penyakit itu dari kelalaian diri kita
    ya saudara…
    wassalam…

  2. Insyaallah begitu. Allah menciptakan makanan buat manusia. Yang membuat sakit adalah perilaku yg tidak baik, spt makan dan minum yg berlebihan, suka marah dsb.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: