Posted by: Tohar | May 17, 2010

Puncak dari zero mind


Zero mind disebut juga suwung, hening, tidak ada apa-apa. Sebenarnya zero mind itu ada, bukan kosong, melainkan isi dan isinya itu adalah ALLAH. Zero mind bukanlah akhir perjalanan, karena kalau zero mind ini dijadikan tujuan maka berakhirlah perjalanan menuju ke Allah karena kita sudah menghijab diri kita.

Bagi sebagian orang, zero mind atau suwung digambarkan sebagai alam yang sangat luas dengan cahaya temaram tetapi terang. Alam yang sangat tenteram di dalamnya. Iya.. itu adalah alam suwung atau hening dalam konteks metafiska, tetapi apakah benar itu yang disebut dengan alam suwung atau zero mind?

Zero mind hanyalah satu kondisi kejiwaan yang sangat tenang sehingga kita merasa semakin dekat ke Allah dan di dalam kedekatan ini lah maka permohonan-permohonan ini insyaallah di ijabahi oleh Allah. Dalam istilah lain dalam kondisi zero mind ini maka insight (ilham) juga semakin mudah untuk ditangkap atau juga mudah dipahami.

Puncak dari zero mind bukanlah dalam keadan patrap atau dzikir, melainkan zero mind ini harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bisakah kita menjalankan kehidupan sehari-hari ini dalam keadaan suwung, hening, zero mind??? . Semisal, ketika mengalami hal yang tidak enak, misal ban bocor disiang hari lalu kita harus menuntun motor mencari tembel ban, masih bisakah kita tersenyum dan bersyukur kepada Allah. Ketika dimarahi oleh pimpinan atau siapapun, bisakah kita menerimanya dengan senang hati. Ini adalah zero mind itu sendiri. Kalau dimarahi oleh orang lain dan masih marah, berarti zero mind yang katanya sudah dimasuki dalam kondisi patrap harus dipertanyakan.

Zero mind itu sendiri adakah ikhlas, tanpa tendensi, tanpa catatan, jadi apapun perbuatan yang dilakukan, itu adalah karena Allah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: