Posted by: Tohar | June 19, 2010

Patrap dan bagaimana menguasainya?


Salah satu SMS yang saya terima dari salah satu teman adalah “Berapa lama untuk menguasai ilmu patrap ini? Sedikit terkejut juga mendapat pertanyaan seperti itu, dan akhirnya saya tulis dalam artikel ini dan semoga ini bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Barangkali ada yang beranggapan bahwa Patrap adalah ilmu tertentu sehingga untuk menguasainya memerlukan LAKU tertentu seperti laku dalam mempelajari ilmu kesaktian dsb.

Patrap bukanlah ILMU bukan pula satu aliran tertentu. PATRAP berasal dari bahasa Jawa “TRAPSILO” yang berarti tata cara atau sopan santun. Menempatkan sesuatu dengan PAS dan BENAR. Dari kata trapsilo itu akhirnya menjadi PATRAP. Nama lain PATRAP adalah Berdzikir atau juga SHILATUN (sambung atau connect ke ALLAH. Patrap disini merupakan satu METODA atau TEKNIK bagaimana kita bisa sambung ke ALLAH. Banyak sekali model Patrap ini, bagi pejalan toreqoh patrap juga disebut SULUK (orangnya disebut salik), bagi penganut kebatinan, patrap dikenal dengan MEDITASI, MANEKUNG, bagi teman-teman Hindu, disebut dengan YOGA dsb.

Tanpa bermaksud membuat perbedaan dengan meditasi dan sejenisnya, bahwa ketika meditasi pikiran ini dikosongkan sampai suwung. Nah dalam patrap ini, pikiran tidak KOSONG, melainkan di isi. Kita tidak tertuju ke dalam jiwa kita, ke dalam tubuh kita, melainkan fokusnya ke ALLAH dan ke ALLAH. Dalam buku Berguru kepada Allah oleh Ustadz Abu Sangkan, ada 3 tingkatan, tetapi itu sebenarnya bukan tingkatan melainkan tahap pemahaman atau kesadaran yang selalu meningkat. Obyek dalam patrap adalah ALLAH dan jiwa ini berjalan menuju ke ALLAH. Keinginan cuma satu menghadap ALLAH bukan menghadap yang lain. Konsep dasarnya adalah inni wajahtu wajjah hiya lilladzi fataras samawati wal alrdh. Berikutnya adalah kita menjalankan iyya kanak budu wa iyya kanas tain. Lakunya adalah jangan terjebak lagi dalam hitungan. Apa yang dibaca?? Apa saja, tetapi sekali ini bukan BACAAN melainkan pemujaan. Kita memuja ALLAH, memujanya berarti menyebut Asma nya. Bisa YA ALLAH, bisa La illaha illalloh dsb. Itu yang harus dijalankan dulu.

Berapa lama untuk menguasai patrap?? Seberapa serius kita mau datang ke ALLAH? Kalau serius datang ke ALLAH, maka seketika akan diberi pemahaman. Namun perlu saya TEGASKAN disini bahwa tujuan PATRAP bukanlah untuk BISA ini dan itu, misalkan bisa melihat ke alam Ghaib. TIDAK. Tujuan patrap adalah untuk menghadap ALLAH. Kalaupun ada yang diberi DAYA MELIHAT sesuatu, itulah adalah bonus dan bukan itu TUJUANNYA. (bersambung)


Responses

  1. menurut saya PATRAP adalah cara untuk menyatukan 4 saudara kita (amarah,aluamah.shafiyah,mutmainnah) dan menyatukan 2 saudara lagi (kakang kawah,adhi ari-ari).sehingga kita dapat mempersatukan 7 saudara (amarah,aluamah,shafiyah,mutmainnah,pancer,kakang kawah,adhi ari-ari)

  2. patrap bisa buat terapi gk #mohon pencerahan

  3. Bisa…buat terapi berbagai jenis penyakit..karena kesadaran yang semakin kuat ke Allah maka penyakit insyaallah bisa sembuh. Tks

  4. Saya lebih setuju pendapat pak de penguasa alam gaib itu soalnya saya dulu jga pernah mempelajari patrap dan kata kakek saya emang gunanya untuk menyatukan sedulur papat kalimo pancer,sebenarnya bukan hanya 7 saudara kita yg di satukan tp 12 mohon maaf jika mungkin ada yg g stuju,emang gak jauh beda dgn yoga, smua kembali dari niat kita masing2 salam damai 1922 bjn

  5. monggo saja mas….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: