Posted by: Tohar | August 21, 2010

Puasa (3)


Seharusnya tidak ada perbedaan mencolok antara sebelum berbuka serta setelah berbuka. Sebelum berbuka biasa saja setelah berbuka juga biasa (secara fisik). Ini adalah sebuah kesadaran dimana kesadaran ini tidak ditaruh pada haus dan lapar melainkan ditempatkan kepada Yang Membuat Haus dan Lapar. Sebuah esensi yang sangat mendasar yang sering terlupakan sehingga ketika baru jam jam 2 siang saja, tubuh ini terasa sangat lemas dan mengantuk. Perlu disadari bahwa hakikat puasa adalah keluar dari wilayah Materi menuju kepada wilayah kesadaran tertinggi yaitu Non Materi, sebuah wilayah yang sangat luas, tidak terhingga. Dan.. wilayah itu hanya ada pada Allah. Ketika kita bisa masuk ke wilayah tersebut maka makan dan minum bukan menjadi satu batasan.

Puasa adalah salah satu bentuk rasa terima kasih kepada organ tubuh, merelakan tubuh untuk beristirahat setelah 11 bulan disuruh kerja keras siang dan malam memproses makanan. Biarkan mereka santai, rehat sejenak. Biarkan mereka juga berserah diri ke Allah. Ajak organ tubuh ini berdzikir ke Allah. Penempatan sebuah kesadaran bahwa lapar dan dahaga itu adalah sebuah wujud materi, maka lewati saja..biarkan saja, nanti juga akan berlalu. Lewati saja terus menuju ke Yang Maha Besar maka jangankan hanya tidak makan dan minum sehari saja, bahkan tidak makan dan tidak minum 3 hari 3 malam pun itu bukan sebuah batasan kita untuk menghadap Allah…..


Responses

  1. Alhamdulillah, sangat mencerahkan sekali piwulangnya, mas haji!!

  2. Alhamdulillah, sangat mencerahkan sekali piwulangnya, mas!!

  3. Ass,,slm knal kang,sy sll mmbca artikel2x kang haji yg bgtu ringkas,padat namun berisi.klw bleh sy mta almt emailx kang?!

  4. kirim saja ke tohar_much@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: