Posted by: Tohar | September 3, 2010

Lailatul Qodar (1)


Sebuah Kesadaran:

Coba saja perhatikan masjid atau mushola pasti penuh di 10 hari terakhir bulan Ramadhan karena mau ngalap berkah lailatul qodar. Cukupkah iktikaf dengan cara demikian?? Lailatul qodar adalah sebuah proses panjang yang ditempuh selama 11 bulan dan diturunkan pada bulan ke 12 yaitu dibulan Ramadhan. Bagaimana mau mendapatkan lailatul qodar jika ke 11 bulan itu tidak diisi dengan ibadah yang baik.

Disisi yang lain, banyak pula yang berasumsi lailatul qodar adalah cahaya gemerlap yang diturunkan ke seseorang.. jadi.. dess bayangan lailatur qodar itu sebuah wujud juga. Hemm kok repot amat ya. Lailatul qodar adalah sebuah “kesadaran” yang absolut tentang ALLAH. Kesadaran bahwa diluar diri ini ada kuasa yang jauh lebih besar dan sangat besar sehingga dengan kesadaran akan illahiyah tersebut akan mampun memupus ego, kesombongan, emosi maupun perbuatan mungkar lainnya.

Banyak pula yang menafsirkan bahwa lailatul qodar adalah hadiah sebagai rangkuman dari ibadah 1000 bulan yang diturunkan sekaligus.. mak dess….betapa beratnya. Melainkan 1000 bulan bermakna 1000 kali cahaya bulan yang dikumpulkan menjadi satu sehingga menjadi sebuah sinar yang sangat terang benderang. Nah.. terang benderang itu adalah sebuah aplikasi dari buah ibadah yang ikhlas ke Allah, yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: