Posted by: Tohar | September 20, 2010

Sebutan ataukah esensinya


Dalam Quran yang ada adalah sebutan ALLAH, tidak ada kata Tuhan atau Gusti atau Sang Hyang dsb. Allah berasal dari Bahasa Arab. Tetapi apakah kita berdebat dalam menyebut ALLAH ataukah TUHAN ataukah Tuan??? Orang Bali menyebutnya Sang Hyang Widi Wase. Bahkan sering kali orang Jawa ketika berdoa menyebutnya Gusti Pangeran.. terkadang Gusti Allah. Atau bahkan menyebutnya Gusti Kang Murbeng Dumadi. Bahkan orang bisu malah hanya bisa menyebut AHHHHHHH. Berdosakah mereka yang tidak menyebut ALLAH. Lalu bagaimana dengan orang Inggris yang menyebut ALLAH dengan LORD ataupun GOD?

Allah bisa disebut dalam ratusan kosa kata, sesuai dengan bahasa mereka sendiri. Lalu semua sebutan itu disatukan dalam Al Quran dengan ALLAH yang terdiri atas 4 huruf Alif Lam Lam Ha yang tentunya bukan sekedar huruf melainkan huruf yang penuh dengan makna. 4 huruf bisa digali lebih dalam lagi maknanya apa…lakunya seperti apa dan tujuannya kemana. Tapi saya tidak akan membahas makna 4 huruf disini melainkan hanya membahas antara sebutan dan esensinya.

Bagi yang memanggil ALLAH ya silahkan saja. Bagi yang menyebutnya Gusti ALLAH ya monggo saja. Bahkan karena tidak bisa berkata-katapun juga tidak apa-apa, karena yang terpenting disini bukanlah sebuah sebutan melainkan sebuah pemahaman dan kesadaran kita terhadap sebutan itu sendiri. Selama itu sebuah bentuk pengagungan, pemujaan kepada Yang Maha Tunggal ya tidak apa-apa. Bahkan jika seluruh bumi ini tidak menyebutnya pun juga tidak apa-apa dan itu tidak mengurangi keagungan-NYA.

Panggillah ALLAH atau GUSTI ALLAH.. atau GUSTI PANGERAN.. ataukah TUHAN saja. tetapi jangan lupa segera arahkan kesadaran itu langsung ke YANG MAHA TUNGGAL…. ke AHAD.. AHAD.. AHAD.. inni wajahtu wajah hiya lilladzi fatarash samawati wal alrdo.. Jadi tidak perlu bergelut di sebutan.. melainkan esensi tunggalnya…


Responses

  1. Setuju sanget, mas!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: