Posted by: Tohar | September 21, 2010

Islamic Super Parenting – 2


Siapa yang tidak jengkel melihat anak yang sangat bandel, waktu belajar malah enak-enak nonton TV dsb. Waktu berangkat sekolah, malah masih nyantai tidak mau mandi dan berbagai macam bentuk kenakalan sehingga yang terjadi adalah bentakan demi bentakan ataupun malah jeweran, pukulan dsb. Kejadian yang sangat ironis karena bentakan dan berbagai bentuk kekerasan itu akan membentuk karakter si anak. Maka hasil didikan bukanlah anak yang semakin baik melainkan anak yang semakin bandel dan rasa dendam kepada orang tua.

Menyikapi kondisi anak yang sangat nakal, maka bersegeralah instropeksi diri. Coba ingat kembali pada proses ketika melakukan hubungan istri. Pada waktu melakukan hubungan suami istri, sudahkah sesuai dengan tuntunan yang disampaikan oleh Rosululloh yaitu berdoa dan melakukannya dengan cara yang baik dan benar bukan seperti dalam Blue Film. Setelah itu..coba runut perilaku baik istri ataupun suami ketika sang jabang bayi ini dalam kandungan selama 9 bulan. Terus ketika terlahir, sempat di doakan ataukah tidak (adzan dan iqomat) dsb. Asal kita bersungguh-sungguh mau melihat kembali urut-urutan dari awal sampai akhir maka ALLAH pun akan membuka ingatan itu dengan jelas. Ketika ingatan sudah terbuka jelas, maka berikut adalah tipsnya :

1. Bersegeralah bertobat, mohon ampun atas semua khilaf, semua salah, semua perilaku yang tidak baik.
2. Mohon kepada ALLAH agar ALLAH melembutkan hati sang anak yang nakal ini.
3. Mohon kepada ALLAH agar ALLAH mencabut dan mengeluarkan semua makhluk yang tidak hak bagi ALLAH yang barangkali berdiam dalam diri sang anak dan mempengaruhi faktor psikologis sang anak.
4. Berserah diri sepenuhnya kepada ALLAH karena ALLAH lah Sang Pemilik anak itu.
5. Rubahlah perilaku diri sendiri yang tidak baik menjadi aklakul karimah (kedua orang tua) dan beri contoh perilaku yang baik dan benar.
6. Yakin bahwa anak akan menjadi baik.
7. Istiqomah dalam memohon kepada ALLAH.

Insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama, anak akan berubah perilakunya menjadi semakin baik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: